Sukses

Viral Foto Ilusi Optik Sebuah Kapal yang Nampak Melayang di Atas Air

Belum lama ini sebuah foto ilusi optik sebuah kapal yang terlihat seperti mengambang di atas air menjadi perbincangan.

Liputan6.com, Jakarta Ada begitu banyak foto ilusi optik yang mengecoh mata siapa saja yang melihatnya. Tak jarang foto-foto tersebut membuat kita keheranan. Belum lama ini sebuah foto ilusi optik sebuah kapal yang terlihat seperti mengambang di atas air pun menjadi perbincangan.

 

Dikutip dari Mirror, seorang pria bernama Dave Medlock melihat penampakan aneh itu saat dia berjalan-jalan dengan anjingnya saat akhir pekan.

Kapal yang tentu saja berada di dalam air itu tampak mengambang karena fenomena yang dikenal sebagai 'fatamorgana superior'. Efeknya disebabkan oleh pembengkokan sinar cahaya untuk menggeser gambar dan membuatnya muncul di atas tempat sebenarnya.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terlihat Seperti Melayang

Fenomena itu membuat kapal pesiar P&O yang berada di lepas pantai Lyme Bay, Devon, itu terlihat seperti sedang terbang.

"Saya mengambil gambar pada hari Minggu, 7 Maret, ketika saya sedang berjalan-jalan dengan anjing saya di sepanjang pinggir laut. Sepertinya sesuatu dari Back to the Future, tapi aku tahu itu jenis fatamorgana khusus,” kata Medlock.

Fenomena luar biasa ini mungkin tidak asing bagi pelaut dan penghuni pesisir yang cukup beruntung telah melihat hal tersebut sebelumnya.

Foto-foto menakjubkan yang menangkap fenomena tersebut menjadi berita utama minggu lalu dan memperkenalkan pemandangan tersebut kepada khalayak yang jauh lebih luas.

 

3 dari 3 halaman

Kejadian Serupa

Minggu lalu, pria lain bernama David Morris, juga memotret ilusi optik yang menakjubkan di lepas pantai Cornish yang menunjukkan sebuah perahu besar tampak mengapung di langit biru di atas air.

Morris, yang telah melihat fenomena tersebut sebelumnya, mengatakan dia masih kagum dan sangat bingung pada pemandangan yang menakutkan itu saat dia mengambil gambar saat berjalan melalui Falmouth.

Tak hanya itu, Colin McCallum melihat "kapal apung" merah di cakrawala saat dia melakukan perjalanan melalui Banff, Aberdeenshire, Jumat lalu.

Dia tercengang oleh penampakan itu, dan merekam apa yang dia lihat saat dia lewat. Dia membagikan rekaman itu ke Facebook, di mana kiriman itu dibagikan secara luas karena orang-orang terpesona oleh ilusi optik tersebut. Usai postingannya viral, Colin mengatakan bahwa dia telah menemukan apa yang menyebabkan fenomena tersebut.

"Hal itu disebabkan oleh pembentukan awan yang lebih dekat ke pantai yang mengubah warna air menjadi lebih dekat ke daratan. Perahu itu, karena lebih jauh, berada di daerah tak berawan dan oleh karena itu langit memantulkan air laut  membuatnya tampak seperti perahu yang mengambang."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.