Sukses

8 Alasan Memelihara Kucing Baik untuk Kesehatanmu

Berikut ini beberapa alasan mengapa memelihara kucing baik bagi kesehatanmu

Liputan6.com, Jakarta Kucing selalu digambarkan sebagai hewan peliharaan yang cuek dengan pemiliknya, dan hanya benar-benar peduli pada dirinya sendiri. Kadang-kadang, bahkan tampak bahwa mereka suka berada jauh dari segalanya dan bahwa satu-satunya hal yang mereka lakukan adalah tidur sepanjang hari.

Meski demikian, kucing sesungguhnya amat peka terhadap keadaan sekitar. Ini terutama benar jika menyangkut pemiliknya dan keadaan emosi pemiliknya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa memelihara kucing baik untuk kesehatan seperti dirangkum dari berbagai sumber:

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Suara dengkuran kucing bermanfaat bagi kesehatan Anda

"Purrrrrr" adalah suara khas yang dibuat kucing saat mendengkur. Biasanya kucing mendengkur saat merasa nyaman dan tenang, saat dielus, atau saat ingin mengungkapkan persahabatan dan cinta.

Faktanya, frekuensi suara dengkuran kucing cocok dengan frekuensi penyembuhan. Itulah mengapa dengkuran dikatakan sebagai semacam terapi untuk kucing dan bahkan mungkin untuk orang-orang di sekitarnya.

Mendengkur dapat terjadi pada frekuensi antara 20 dan 140 hertz. Kasus yang paling umum ditemukan pada kucing rumahan adalah mendengkur dengan frekuensi antara 20 hingga 50 hertz.

Getaran suara ini merangsang penyembuhan jaringan, terutama pada cedera yang memengaruhi tendon dan otot baik pada kucing maupun bagi orang yang mendengarnya. Frekuensi ini juga mengurangi rasa sakit dan membantu meningkatkan kepadatan tulang.

 

3 dari 9 halaman

2. Mengurangi kecemasan dan menemani di saat-saat buruk Anda

Membelai hewan peliharaan bisa menjadi sesuatu yang mencerahkan hari dan membuat anda merasa tenang. Penelitian yang dilakukan beberapa tahun terakhir telah menemukan bahwa memiliki kucing atau hewan peliharaan lain, dapat membantu Anda menghilangkan stres dan kecemasan yang disebabkan oleh kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut tentunya, akan menjaga tingkat tekanan darah Anda pada tingkat yang lebih rendah serta menurunkan detak jantung Anda, yang akan membuat Anda merasa lebih rileks dan bebas dari rasa khawatir. Karena itulah memiliki kucing di rumah dapat menjadi salah satu alternatif terbaik bagi Anda untuk tidak merasa kesepian dan untuk benar-benar membantu mencegah kecemasan dan stres secara alami.

 

4 dari 9 halaman

3. Membantu Anda tidur lebih nyenyak

Anda mungkin cenderung percaya bahwa kucing tidur di tempat tidur Anda untuk mendapatkan lebih banyak kehangatan dan kenyamanan. Tapi sebenarnya, ada alasan lain mereka melakukan itu.

Saat waktunya tidur, mereka juga mencari kasih sayang dan perlindungan. Tidur bersama Anda membuat mereka merasa aman.

Ini juga merupakan cara untuk beristirahat sedikit dari kewaspadaan mereka sepanjang hari. Jika Anda menderita kurang tidur karena intensitas kesibukan rutin Anda, coba letakkan kucing di dahi Anda selama 5 menit untuk membantu diri Anda melepaskan beban hari Anda.

 

5 dari 9 halaman

4. Membawa kegembiraan dan membuat Anda tertawa

Orang yang tinggal dengan kucing akan dapat mengatakan bahwa memiliki hewan peliharaan ini di rumah adalah petualangan dalam segala hal. Mengikuti gerakan hewan peliharaan dan menyaksikan ekspresi serta perilakunya membuat pemiliknya lebih ceria.

Ada kasus di mana tidak mungkin memiliki hewan peliharaan di rumah. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh bersentuhan dengan hewan. Ada cara lain untuk mengalami aktivitas serupa, seperti melihat foto dan video di internet.

Faktanya, sebuah penelitian menetapkan bahwa menonton video kucing di internet menjadi salah satu hiburan paling populer, karena emosi yang muncul setelah menontonnya. Sepertinya video ini dapat membangkitkan pikiran positif dan memberi lebih banyak energi kepada orang-orang yang berinteraksi dengan jenis konten ini. 

 

6 dari 9 halaman

5. Membantu orang dengan autisme berkomunikasi

Dalam beberapa kasus, orang dengan tipe autisme khusus mungkin merasa sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain. Terapi hewan telah terbukti menjadi salah satu cara yang paling membantu untuk membangun komunikasi.

Sebagian karena pasien merasakan hubungan yang lebih kuat dengan hewan. Sejalan dengan pemikiran yang sama, sebuah penelitian menemukan bahwa anak-anak yang memiliki hewan peliharaan merasa lebih tenang dan lebih bersosialisasi daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Saat membelai kucing, kadar oksitosin bisa meningkat dan meningkatkan kepercayaan dan cinta pada ikatan. Misalnya, Iris Grace, seorang anak autis, mendapat bantuan untuk berbicara dengan orang-orang dari kucingnya, Thula, karena hewan peliharaannya memberinya rasa aman.

 

7 dari 9 halaman

6. Mengurangi alergi (terutama pada anak-anak)

Ada berbagai macam pendapat mengenai apa sebenarnya fungsi bulu kucing dan seberapa sering bulu tersebut rontok. Saat memiliki bayi kecil di dalam rumah, Anda mungkin berpikir bahwa memiliki kucing yang berbagi rumah dengan mereka bukanlah ide yang baik.

Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa anak-anak di bawah usia satu tahun yang memelihara kucing saat tumbuh dewasa lebih jarang memiliki alergi. Hasil ini menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan di awal kehidupan dapat membantu tubuh menahan diri dari alergi hewan di kemudian hari. Ini juga dapat membantu kita mengatasi masalah serupa lainnya, seperti alergi debu.

 

8 dari 9 halaman

7. Mereka hewan yang ramah

Meskipun kucing diyakini sangat mandiri, faktanya tetap bahwa mereka suka berinteraksi dengan manusia. Sebenarnya sebuah penelitian menyimpulkan bahwa banyak kucing lebih suka bersosialisasi daripada makan atau bermain dengan benda tertentu.

Dengan menghalangi mereka dari hal-hal ini, setelah beberapa jam, kebanyakan kucing memilih untuk mencari manusia untuk mendapatkan kasih sayang. Hanya sedikit yang lebih suka mendapatkan makanan daripada pelukan.

 

9 dari 9 halaman

8. Pemilik kucing lebih pintar dari pemilik anjing

Pertarungan antara pemilik kucing dan anjing adalah sesuatu yang mungkin dimulai saat manusia pertama kali memiliki hewan peliharaan. Namun, Anda mungkin ingin mempertimbangkan hal berikut. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang memiliki anjing lebih aktif, supel, dan cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan.

Sebaliknya, mereka yang memiliki kucing biasanya tertutup, lebih sering tinggal di rumah, dan menghabiskan waktu melakukan aktivitas yang lebih santai seperti menonton serial TV atau membaca tentang berbagai topik, dan lebih tertarik pada mata pelajaran budaya dan akademis.

Mungkin itulah sebabnya ditentukan bahwa pemilik kucing bisa lebih cerdas daripada pemilik anjing. Namun perlu diingat bahwa hasil ini hanya berdasarkan pada kepribadian dan minat yang berbeda dari setiap jenis pemilik, jadi masih jauh dari konklusif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.