Sukses

5 Manfaat Menakjubkan Jus Seledri untuk Kesehatan

Ternyata mengkonsumsi jus seledri secara rutin memiliki manfaat untuk tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Seledri menjadi salah satu sayuran yang mudah ditemui dan dengan harga yang terjangkau. Namun, selain digunakan sebagai pelengkap makanan, nyatanya seledri juga bisa dijadikan menjadi minuman.

Namun, tahukah kamu kalau seledri kaya vitamin yang dibutuhkan untuk tubuhmu? Tidak seperti sayuran lainnya, seledri sangat rendah gula dan kalori.

Dalam satu gelas jus seledri memiliki sedikit gula dan kalori dibandingkan dengan satu wortel ukuran sedang.

Ternyata mengkonsumsi jus seledri secara rutin memiliki manfaat untuk tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Selasa (9/3/2021).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Menetralkan Makanan Asam

Seledri kaya akan unsur-unsur seperti besi, magnesium dan natrium yang membuat jus seledri memiliki sifat alkali yang kuat. Dengan kata lain, itu dapat menetralkan makanan asam sehingga membantu kita menjaga keseimbangan pH yang sehat dalam tubuh kita.

Mengkonsumsi terlalu banyak makanan asam dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kerusakan tulang, batu ginjal, masalah hati dan jatung.

Karena banyak makanan yang dikonsumsi setiap hari bersifat asam, menambahkan jus seledri ke dalam rutinitas harianmu dapat menghentikan beberapa masalah tersebut.

3 dari 6 halaman

2. Mengatur Keseimbangan Cairan

Seledri yang sangat tinggi kalium dan mineral ini memainkan peran penting dalam banyak proses dalam tubuh kita. Para ilmuwan percaya bahwa kalium adalah mineral terpenting ketiga bagi tubuh kita agar berfungsi dengan baik.

Dalam tubuh terdapat sekitar 60% air dan 40% dari air ini ditemukan di dalam sel Anda. Sedangkan sisanya berada di luar sel, dalam cairan tulang belakang, darah dan di antara sel-sel Anda.

Tingkat air di dalam dan di luar sel Anda sangat penting dan dipengaruhi oleh konsentrasi elektrolit. Kalium larut dalam air dan berperilaku dalam sistem tubuh, seperti elektrolit bermuatan positif, dan mengatur tingkat air di dalam sel.

4 dari 6 halaman

3. Mencegah Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 menjadi masalah kesehatan serius bagi dunia modern. Diperkirakan pada tahun 2030, lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia akan mengalami penyakit ini.

Nah, seledri adalah salah satu cara alami untuk mencegahnya. Itu karena seledri mengandung banyak vitamin K dan sebuah penelitian telah membuktikan bahwa vitamin K meningkatkan sensitivitas kita terhadap insulin.

5 dari 6 halaman

4. Mencegah Masalah Penglihatan

Seledri sangat tinggi vitamin A dan vitamin ini memainkan peran penting dalam penglihatan. Ini melindungi permukaan mata dari bakteri dan virus.

Vitamin A juga membantu mencegah perkembangan masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia seperti katarak.

6 dari 6 halaman

5. Mengurangi Risiko Kanker

Seledri mengandung luteolin dan penelitian menemukan bahwa elemen ini melemahkan sel kanker dan membuatnya lebih rentan terhadap pengobatan. Seledri telah digunakan dalam pengobatan di Tiongkok sebagai anti-kanker sejak lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.