Unik Banget, Yuk Intip Tradisi-Tradisi Ibu Hamil di Dunia

Oleh Liputan6.com pada 14 Mar 2021, 17:31 WIB
Diperbarui 14 Mar 2021, 17:31 WIB
Kehamilan
Perbesar
Ilustrasi Ibu Hamil Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Wanita hamil memiliki larangan dan anjuran yang cukup banyak dan cenderung ribet. Hal itu tidak semuanya sama pada setiap negara karena tradisi dan budaya yang berbeda.

Ada yang bilang jika wanita hamil tidak memuaskan keinginannya saat mengidam, anak itu akan mengidam sampai ia lahir. Wanita hamil memiliki banyak pantangan dan anjuran demi menjaga kesehatan bayi.

Sebagian teori kehamilan terkadang sangat lucu dan tidak masuk akal. Namun, itu bisa menjadi bagian dari budaya mereka. Berikut ini  tradisi unik dari beberapa negara untuk wanita hamil, dilansir dari Bright Side.

 

2 dari 7 halaman

1. Filipina: Makan Telur Mentah Sebelum Lahiran

Ilustrasi Telur
Perbesar
Ilustrasi Telur Credit: pexels.com/pixabay

Wanita hamil di Filipina dianjurkan memakana telur mentah sebelum melahirkan. Ini bermanfaat untuk membantu melumasi jalan keluarnya bayi dan diyakini membuat bayi mudah keluar.

2. Meksiko: Hindari Makan Telur

Sebagian penduduk Meksiko masih mengikuti kepercayaan lama. Wanita hamil dilarang memakan telur karena dapat membuat bayi memiliki bau yang tidak sedap.

3 dari 7 halaman

3. China: Jangan Mengelus Perut Hamil

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustrasi kehamilan (sumber: Pixabay)

Di negara lain, mengelus perut merupakan hal wajar untuk dilakukan. Sementara, di China, menurut kisah seorang istri tua, wanita hamil tidak boleh mengelus perutnya secara berlebihan. Hal itu dipercaya dapat menyebabkan bayi menjadi manja dan rewel.

4. India: Pakai Gelang

Di beberapa daerah di India, ada upacara yang dikenal valaikaapu untuk merayakan wanita hamil ketika berusia tujuh bulan. Wanita hamil akan dihiasi dengan gelang di kedua tangannya dengan jumlah ganjil. Mereka percaya bahwa suara gelang yang keras akan meningkatkan aktivitas otak dan indra pendengaran bayi.

4 dari 7 halaman

5. Turki: Jangan Makan Ikan atau Es Krim

es krim vanilla
Perbesar
Ilustrasi es krim vanilla (Sumber: pixabay)

Sebagian wanita di Turki percaya jika makan ikan saat hamil dapat membuat mulut bayi seperti ikan saat hamil. Sedangkan es krim dapat menyebabkan kepala bayi berlubang. Ini menjadi alasan kedua makanan tersebut harus dihindari saat hamil.

6. Jepang: Makan Ikan Mentah

Orang Jepang menganggap bahwa ikan mentah adalaha bagian yang sehat di makan saat hamil. Sedangkan dokter di Amerika Serikat mengatakan jika ikan mentah harus dihindari oleh wanita hamil karena dapat mengumpulkan bakteri.

5 dari 7 halaman

7. Bulgaria: Jangan Makan Ikan atau Daging Kelinci

Memenuhi Kebutuhan Protein
Perbesar
Ilustrasi Daging Ikan Credit: pexels.com/Elliot

Orang Bulgaria percayaa jika memakan daging kelinci saat hamil dapat menyebabkan anaknya tidur dengan mata terbuka. Sedangkan ikan dapat menyebabkan hidung anak tersumbat di masa depan dan tidur mendengkur.

8. Budaya Latin: Memakai Pakaian Metalik Saat Gerhana Bulan

Gerhana diyakini sebagai gigitan pada wajah bulan. Jika wanita hamil menyaksikan gerhana, bayinya akan memiliki bibir sumbing. Mereka harus membawa sesuatu yang berbahan logam seperti peniti atau memakai pakaian metalik untuk melindungi bayinya.

6 dari 7 halaman

9. Indonesia: Tidak Boleh Benci dengan Seseorang

Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustrasi hamil (sumber: Pixabay)

Masih banyak yang percaya jika wanita hamil membenci seseorang, anaknya akan mirip dengan orang yang dibenci. Tak hanya wajah, sifat buruk dan kebiasaannya juga akan sama persis dengan orang yang dibenci. Oleh karena itu, wanita hamil dilarang benci atau kesal dengan seseorang.

10. Thailand: Jangan Menghadiri Pemakaman

Ada kepercayaan di Thailand yang mengatakan jika wanita hamil menghadiri pemakaman, bayinya akan dihantui oleh arwah orang mati saat lahir. Sehingga wanita hamil dilarang untuk menghadiri pemakaman.

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

 

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓