Cegah Penuaan Dini hingga Cerahkan Kulit, Ini 5 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah

Oleh Ulya Kaltsum pada 08 Mar 2021, 21:00 WIB
Diperbarui 08 Mar 2021, 21:00 WIB
Ilustrasi Teh Hijau
Perbesar
Ilustrasi teh hijau (dok. Pixabay.com/appledeng)

Liputan6.com, Jakarta Teh hijau berasal dari tanaman teh atau Camellia Sinesis yang diproses dengan cara dikeringkan dan dapat diolah menjadi minuman. Kaya akan kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi membuat teh hijau memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, tak terkecuali untuk kecantikan wajah.

Tak heran jika teh hijau mulai berkembang sebagai bahan yang kerap digunakan dalam produk kecantikan. Teh hijau memiliki sifat terapeutik yang dapat bermanfaat bagi kulit dalam berbagai cara. Untuk mendapatkan hasilnya, Anda bisa minum atau mengoleskannya ke wajah sebagai masker. 

Penasaran bagaimana teh hijau memberikan manfaat untuk kecantikan kulit wajah? Berikut beberapa manfaatnya dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (5/3/2021).

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 7 halaman

1.  Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Menangkal Radikal Bebas
Perbesar
Ilustrasi Mengonsumsi Empon-Empon Credit: freepik.com

Seperti yang kita ketahui, teh hijau kaya akan kandungan antioksidan. Dalam banyak hal, antioksidan berperan penting untuk menetralkan radikal bebas akibat lingkungan sehari-hari, seperti radiasi UV, asap, dan polusi.

Teh hijau juga dikemas dengan asam amino dan polifenol khusus yang disebut katekin, yakni sejenis senyawa fenolik yang sangat melimpah dalam teh, yang dikenal memiliki aktivitas antioksidan kuat.

 

 

3 dari 7 halaman

2. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan Dini

Menghaluskan Kulit Wajah
Perbesar
Ilustrasi Kulit Wajah yang Terawat Credit: pexels.com/pixabay

Berkat antioksidannya yang kuat, teh hijau membantu meningkatkan perbaikan DNA dengan mencegah kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini. Sebuah penelitian membuktikan bahwa teh hijau dapat meningkatkan kandungan kolagen dan elastin di kulit Anda sehingga meningkatkan efek antikerut.

 

 

4 dari 7 halaman

3. Menghidrasi Kulit

Mengencangkan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini
Perbesar
Ilustrasi Kulit Wajah Kencang dan Awet Muda Credit: pexels.com/pixabay

Manfaat utama lainnya dari teh hijau untuk kulit adalah dapat menghidrasi kulit dengan maksimal. Secara khusus, minyak biji teh hijau memiliki konsentrasi yang tinggi pada sifat bergizi dan mampu melembabkan. Selain itu, teh hijau juga kaya akan vitamin E dan asam lemak penyelamat kulit yang dapat memperkuat kelembapan kulit wajah.

 

 

5 dari 7 halaman

4. Mencerahkan Kulit

Mencerahkan dan Meratakan Warna Kulit Wajah
Perbesar
Ilustrasi Kulit Wajah Cerah Terawat Credit: pexels.com/pixabay

Memiliki kulit yang terhidrasi dan cerah menjadi dua hal yang kerap diinginkan kaum hawa. Teh hijau mampu membantu memperkuat kedua hal tersebut. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi dapat melawan kerusakan sel dan mencerahkan kulit.

 

 

6 dari 7 halaman

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Membuat Kulit Wajah Senantiasa Lembap
Perbesar
Ilustrasi Kulit Wajah Sehat Credit: pexels.com/Glory

Jika Anda berjuang untuk mengatasi minyak berlebih dan berjerawat, berarti sudah saatnya memasukkan teh hijau ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Teh hijau membantu membuka pori-pori dengan mengurangi produksi sebum yang berlebihan. Selain itu, sifat menenangkan pada teh hijau membuat kulit minim iritasi atau berjerawat akibat produk penggunaan bahan-bahan yang keras.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓