Sukses

6 Kondisi Kulit Ini Bisa Jadi Pertanda Anda Menderita Diabetes

Ada beberapa kondisi pada kulit yang dapat menjadi indikasi Anda menderita diabetes

Liputan6.com, Jakarta Menurut Federasi Diabetes Internasional, sekitar 42,5 juta orang di dunia menderita diabetes, secara global. Jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat menjadi 62,9 juta pada tahun 2045, yang membuatnya menjadi masalah yang memprihatinkan.

Diabetes adalah penyakit kronis yang dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan lainnya. Namun kabar baiknya adalah kondisinya dapat dikelola dengan mengubah gaya hidup sederhana dan pengobatan teratur.

Diabetes dapat memengaruhi banyak bagian tubuh, termasuk kulit Anda. Ketika diabetes memengaruhi kulit Anda, itu adalah tanda bahwa Anda memiliki diabetes yang tidak terdiagnosis atau perawatan Anda saat ini perlu disesuaikan.

Berikut adalah enam perubahan kulit yang menunjukkan Anda perlu menjalani tes gula darah seperti dilansir dari TimesofIndia:

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Bercak kuning, merah atau coklat pada kulit

Kondisi kulit tersebut disebut necrobiosis lipoidica dan dimulai sebagai benjolan padat yang terlihat seperti jerawat. Saat berkembang, benjolan ini berubah menjadi bercak kulit yang keras dan bengkak.

Bercak bisa berwarna kemerahan, kuning, atau coklat. Jika Anda melihat bercak seperti itu pada kulit Anda, periksalah gula darah Anda.

 

3 dari 7 halaman

2. Bercak kulit lebih gelap yang terasa seperti beludru

Bercak gelap atau pita kulit beludru jika terlihat di leher, ketiak, selangkangan, atau tempat lain dapat menunjukkan bahwa Anda memiliki terlalu banyak insulin dalam darah Anda. Bercak ini adalah tanda pradiabetes. Nama medis untuk kondisi ini adalah acanthosis nigricans.

 

4 dari 7 halaman

3. Melepuh

Meskipun tidak terlalu umum, dalam beberapa kasus, penderita diabetes dapat melihat bengkak muncul di kulit. Anda mungkin melihat bengkak besar, sekelompok bengkak atau keduanya.

Bengkak melepuh ini biasanya muncul di tangan, kaki, dan lengan bawah dan terlihat seperti bekas luka bakar serius. Berbeda dengan lepuh yang disebabkan oleh luka bakar, lepuh ini tidak nyeri.

 

5 dari 7 halaman

4. Butuh waktu lebih lama untuk menyembuhkan luka

Kadar gula darah yang tinggi dalam waktu lama dapat menyebabkan sirkulasi darah yang buruk dan kerusakan saraf. Sirkulasi darah yang buruk dan saraf yang rusak dapat membuat tubuh Anda sulit untuk menyembuhkan luka.

Hal ini terutama berlaku untuk kaki. Luka terbuka ini disebut ulkus diabetes. Periksa kaki Anda secara teratur apakah ada luka dan luka terbuka.

 

6 dari 7 halaman

5. Kulit sangat kering dan gatal

Orang yang menderita diabetes kemungkinan besar memiliki kulit yang kering dan gatal. Sirkulasi darah yang buruk akibat diabetes dapat menyebabkan kulit kering dan gatal.

Jika kulit Anda terasa sangat kering dan tidak ada losion yang mampu melawannya, inilah saatnya untuk membicarakannya dengan dokter Anda.

 

7 dari 7 halaman

6. Bercak kuning bersisik di sekitar kelopak mata

Kadar lemak yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan bercak kuning bersisik di sekitar mata. Ini juga bisa menjadi tanda bahwa Anda menderita diabetes yang tidak terkontrol. Kondisi tersebut disebut xanthelasma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.