Sukses

Cari Tahu Kondisi Kesehatan Anda Lewat Lidah, Begini Caranya

Berikut deretan kondisi lidah yang dapat menunjukkan seperti apa masalah kesehatan seseorang.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari Anda tentu tahu bahwa lidah berfungsi sebagai indera pengecap manusia. Berkat lidah, kita bisa merasakan nikmatnya berbagai rasa makanan.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa lidah juga dapat menggambarkan kondisi kesehatan seseorang.

Kondisi kesehatan yang buruk dapat diketahui dari beberapa gejala yang dapat terlihat pada lidah. Ya, mungkin tak banyak yang menyadari bahwa kondisi lidah seperti bentuk dan warnanya dapat berubah diiringi dengan kondisi kesehatan yang dialami.

Melansir dari Healthylifetricks, Kamis (25/2/2021), berikut deretan kondisi lidah yang dapat menunjukkan masalah kesehatan seseorang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Lidah Pecah-Pecah

Apakah Anda pernah mengalami lidah pecah-pecah? Pecah-pecah lebih sering terjadi di tengah atau belakang lidah dan menunjukkan usus yang rusak atau malabsorpsi usus, hipersensitivitas atau sensitivitas makanan.

3 dari 5 halaman

2. Terdapat Lendir di Lidah

Lidah memang umumnya memiliki lapisan di atasnya. Namun, jika yang lapisan tersebut berbentuk seperti lendir dan berminyak, kental, kuning atau putih, itu mungkin merupakan indikasi dari lendir yang berkembang dan racun di bagian dalam.

Jika menumpuk di tengah lidah, itu menandakan adanya masalah dengan sistem pencernaan kecil, dan jika terdapat di belakang lidah kemungkinan Anda memiliki masalah pada usus besar.

4 dari 5 halaman

3. Lidah Berwarna Gelap atau Hitam

Lidah yang berubah warna menjadi kehitaman bisa menjadi masalah kesehatan yang buruk. Seperti yang dijelaskan Jack Der-Sarkissian, MD, seorang dokter di California Selatan mengatakan, “Biasanya lidah hitam dan kasar diakibatkan karena merokok, minum kopi, atau kebersihan gigi yang buruk.

Anda bisa mengatasinya dengan berhenti merokok dan rutin menyikat lidah dengan menggunakan scrubber lidah.

5 dari 5 halaman

4. Lidah Berwarna Merah

Ini bisa menjadi indikasi awal adanya pertumbuhan ganas pada lidah, namun jangan langsung mengambil kesimpulan. Pastikan bahwa kondisi tersebut tak terjadi karena lidah melepuh oleh air panas.

Jika kondisi tersebut terjadi begitu saja dan tak hilang pada setengah bulan, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter. Menjaga kebersihan lidah akan memperkuat kekuatan organ dalam.

Oleh karena itu, pastikan Anda menggosoknya beberapa kali sehari dengan menggunakan scrubber lidah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.