4 Cara Menggunakan Cokelat untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Tubuh

Oleh Yulia Lisnawati pada 23 Feb 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 23 Feb 2021, 18:00 WIB
Cokelat
Perbesar
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Simone van der Koelen

Liputan6.com, Jakarta - Cokelat, terutama cokelat hitam dikenal karena memiliki manfaat menakjubkan bagi kulit. Selain membuat kulit bercahaya, cokelat hitam juga membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan menutrisi kulit.

Cokelat hitam mengandung polifenol dan flavonoid yang menutrisi dan meremajakan kulitmu dari dalam. Selain itu, cokelat juga terbukti mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan buah lainnya.

Sifat antioksidan kakao ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV matahari yang berbahaya.

Nah, penasaran bagaimana cara menggunakan cokelat hitam untuk memanjakan kulitmu? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Selasa (23/2/2021).

 

2 dari 6 halaman

1. Masker Wajah

Mengangkat Sel Kulit Mati
Perbesar
Ilustrasi Masker Cokelat Credit: pexels.com/Anneth

 

Masker wajah cokelat akan membuat kulit lembab dan bercahaya. Ada berbagai macam masker cokelat siap pakai yang tersedia di pasaran dan online. Namun, dengan membuatnya sendiri di rumah bisa membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih baik. 

Manfaat masker wajah pun beragam, di antaranya menghidarsi kuli dan membuatnya tampak segar, melindungi kulit dari sinar UV matahari, polusi dan cuaca buruk, membantu menghilangkan flek hitam, flek penuaan, mengobati jerawat dan mencegah kulit menjadi keriput.

Untuk membuat masker wajah cokelat sendiri, Anda hanya perlu menggabungkan cokelat hitam leleh dengan madu atau yogurt. Lalu oleskan campuran itu ke wajah Anda dan biarkan selama 15 menit.

3 dari 6 halaman

2. Lulur

ilustrasi melakukan luluran/unsplash
Perbesar
ilustrasi melakukan luluran/unsplash

 

Lulur sangat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, menghaluskan dan melembutkan kulit kasar dan kering. Itu juga membantu menghilangkan kotoran dan meningkatkan sirkulasi darah.

Lulur cokelat memiliki beragam manfaat, di antaranya membersihkan kulit, mencerahkan kulit, melindungi kulit dari sengatan matahari dan mengganti sel kulit mati dengan sel kulit yang lebih halus dan sehat. 

Anda bisa membuat lulur yang bagus hanya dengan menambahkan susu dan yogurt ke dalam bubuk cokelat. 

Setelah bahan-bahan tersebut dicampur dengan baik, Anda bisa aplikasikan pada wajah dan leher yang sebelumnya telah dibasahi.

Gosok selama 10 menit lalu biarkan selama 5 menit. Bilas dengan air dingin dan Anda akan mendapatkan hasilnya.

4 dari 6 halaman

3. Scrub Bibir

Bibir kering
Perbesar
Ilustrasi bibir kering pakai lip balm (iStockphoto)

 

Selain bermanfaat untuk kulit, cokelat juga memiliki manfaat untuk bibir. Scrub cokelat akan membuat bibir halus, lembut dan indah. 

Anda hanya perlu mengaplikasikan cokelat di bibir Anda secukupnya. Biarkan beberapa menit dan gosok dengan lembut. Setelah itu bilas dengan air dingin.

Scrub bibir cokelat ini memiliki manfaat untuk melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar matahari, kotoran, debu dan polusi. Lalu membantu menjaga bibir tetap halus, lembab dan memberikau kilau.

5 dari 6 halaman

4. Sabun

Mandi Air Hangat
Perbesar
Ilustrasi Mandi Air Hangat Credit: freepik.com

 

Cokelat nyatanya juga memberikan perawatan yang baik untuk tubuh Anda. Untuk membuat sabun cokelat, Anda hanya perlu mencampurkan cokelat dan vitamin E. 

Selain membuat kulit Anda lembut, sabun cokelat juga membantu meredakan iritasi. Meski aromanya terasa enak, namun sabun cokelat ini tidak bisa dimakan. 

Sabun cokelat ini juga cocok untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit sensitif. Ada beragam manfaat sabun cokelat bagi tubuh, di antaranya mencegah kulit dehidrasi berlebihan, menutrisi dan melembabkan kulit.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓