Sukses

3 Latihan yang Dapat Memperpanjang Usia, Yuk Cobain

Berikut ini latihan-latihan yang dapat memperpanjang usia Anda. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Aktif secara fisik dan makan makanan sehat adalah dua komponen utama untuk memiliki badan yang sehat dan umur panjang. Tapi ada hal ketiga yang juga bisa dikaitkan tentang umur panjang dan kualitas hidup.

Hal itu adalah kekuatan genggaman tangan. Ya, Anda membacanya dengan benar, kekuatan genggaman tangan Anda bukan hanya tentang bagaimana membuka toples tetapi lebih dari itu.

Penelitian telah mengaitkan kekuatan genggaman yang rendah dengan peningkatan risiko patah tulang, jatuh, gangguan kognitif, depresi, masalah tidur, diabetes tipe 2, dan kematian dini.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Studinya

Sebuah studi jangka panjang yang diterbitkan di The Lancet menemukan bahwa kekuatan cengkeraman adalah prediktor yang lebih baik untuk kematian akibat penyakit kardiovaskular atau penyebab lainnya.

Ini karena kekuatan cengkeraman seseorang adalah penanda yang dapat diandalkan untuk keseluruhan massa otot, yang sangat penting untuk fungsi setiap sistem dalam tubuh.

Ukuran otot dan kekuatan seseorang menurun seiring bertambahnya usia, dimulai sejak usia 30-an. Latihan ketahanan bekerja pada kelompok otot utama tubuh Anda yang dapat mencegah atau membalikkan kehilangan otot.

 

3 dari 6 halaman

Cara meningkatkan kekuatan genggaman

Hanya meningkatkan cengkeraman tangan Anda dengan menggunakan bola atau peralatan lain tidak dapat secara langsung melindungi Anda dari penyakit kronis. Tetapi fokus pada cengkeraman dengan alat khusus dapat memberi Anda lebih banyak hasil dari gerakan seperti menjinjing, deadlift, dan bergantung.

Ini pada gilirannya akan membantu meningkatkan massa dan kesehatan otot secara keseluruhan. Berikut tiga latihan untuk meningkatkan massa otot dan umur panjang seperti dilansir dari TimesofIndia:

 

4 dari 6 halaman

1. Deadlift

Berdirilah dengan kaki terbuka selebar pinggul dan jaga sepasang dumbel di dekat jari-jari kaki Anda, tegak lurus dengan tubuh Anda. Sekarang dorong pantat dan pinggul ke belakang dan tekuk ke depan di pinggang dengan menjaga punggung tetap lurus dan perut ditarik kencang serta lutut sedikit ditekuk.

Angkat beban dengan telapak tangan menghadap ke depan paha, lengan lurus dan berdiri kembali sambil mendorong tumit untuk berdiri kembali. Turunkan beban di lantai secara perlahan. Coba lakukan 8 hingga 12 repetisi. Anda dapat memilih beban sesuai pilihan Anda dan apa yang nyaman untuk Anda.

 

5 dari 6 halaman

2. Hollow body-hang

Pegang besi tempat bergantung di atas kepala yang kokoh dengan pegangan jemari menghadap depan. Tarik badan Anda dari lantai dan bergelantunganlah. Tahan selama Anda bisa. Kencangkan core perut dan ulangi.

 

6 dari 6 halaman

3. Farmer's carry

Untuk melakukan latihan ini, berdirilah dengan kaki terbuka selebar pinggul dan taruh sepasang dumbel di lantai di sisi luar kaki Anda. Sekarang jongkok, jaga punggung tetap lurus dan perut ditarik kencang. Pegang beban di masing-masing tangan dan berdirilah dengan lengan di sisi tubuh, telapak tangan menghadap paha.

Sekarang mulailah berjalan ke depan, sampai tangan Anda terasa sakit. Kemudian taruh beban di lantai. Lakukan tiga repetisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.