Sukses

Mencegah Berbagai Penyakit, Ini 5 Manfaat Rutin Konsumsi Buah Plum Kering Bagi Tubuh

Buah prune adalah buah plum yang dikeringkan. Buah prune memiliki banyak nutrisi bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Buah prune adalah buah plum yang dikeringkan. Buah prune memiliki banyak manfaaat bagi tubuh yang jarang diketahui. Manfaat itu antara lain melancarkan pencernaan maupun menurunkan berat badan.

Buah prune juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan darah dan tulang. Meskipun dikeringkan, buah ini kaya akan nutrisi sehat yang dibutuhkan tubuh. Tak hanya itu, prune juga mengandung berbagai macam mineral, vitamin, dan senyawa antioksidan.

Mengonsumsi enam buah prune dalam sehari dipercaya akan mendapatkan semua manfaat itu. Buah kering ini cocok dijadikan sebagai camilan setelah makan maupun saat bekerja. Ini dia manfaat yang didapatkan setelah konsumsi prune, seperti melansir dari Bright Side.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mendukung Fungsi Organ

Prune mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. 100 gram buah plum mengandung 732 mg potasium. Makromineral ini sangat berguna bagi tubuh untuk meningkatkan fungsi organ dan mencegah berbagai penyakit.

Manfaat yang didapat antara lain menjaga tulang tetap sehat, mengurangi risiko strok, membantu pertumbuhan otot, serta meningkatkan fungsi saraf. Setiap orang dianjurkan mengonsumsi sekitar 4.700 mg potasium setiap hari. Oleh karena itu, prone cocok dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan potasium.

3 dari 6 halaman

2. Baik untuk Darah

Tubuh dapat mengalami anemia jika kekurangan zat besi. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti masalah paru-paru atau jantung, masalah kehamilan, dan kelelahan akut.

Buah kering ini mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Prune dapat menjadi pilihan sebagai camilan atau pencuci mulut setelah makan. Sehingga dapat mengurangi berbagai risiko penyakit serius yang disebabkan karena kekurangan darah dan zat besi.

4 dari 6 halaman

3. Melancarkan Pencernaan

Buah ini mengandung banyak serat dan elemen lain yang dapat melancarkan pencernaan. Satu cangkir buah plum mengandung 12 gram serat. Serat ini baik untuk pencernaan agar tetap sehat.

Selain itu, prune juga mengandung sorbitol dan obat pencuci perut alami untuk membantu merangsang buang air besar. Agar mendapatkan manfaat itu, setiap orang dianjurkan untuk makan maksimal enam prune setiap harinya.

5 dari 6 halaman

4. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat di dalam buah ini dapat membuat perut tetap kenyang dalam waktu yang cukup lama. Hal itu karena buah prune dapat mengurangi nafsu makan seseorang. Sehingga bermanfaat untuk mengontrol berat badan. Buah ini cocok dikonsumsi bagi yang sedang diet, karena dapat menurunkan berat badan.

Hal ini telah dibuktikan pada sebuah penelitan dengan dua kelompok wanita obesitas sebagai partisipan. Satu kelompok memakan prune sebagai bagian dari diet sehat. Hasilnya anggota kelompok itu kehilangan 4,4 pon selama 12 minggu. 

Sementara, kelompok lain tidak memakan buah prune dan hanya diberi nasihat tentang jenis camilan sehat yang harus dimakan. Anggota kelompok ini tidak berhasil menurunkan berat badannya.

 

6 dari 6 halaman

5. Menjaga Tulang Tetap Sehat dan Kuat

Buah prune bermanfaat menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Sehingga dapat mengurangi risiko osteoporosis. Pada orang yang berisiko terkena osteoporosis, terutama wanita dan orang lanjut usia, akan mengalami penurunan volume mineral pada tulang.

Hal ini sudah dibuktikan pada sebuah penelitian yang meneliti efek setelah konsumsi plum terhadap wanita osteopenik pascamenopause. Penelitian itu menunjukkan bahwa plum berhasil membantu mencegah masalah pada tulang.

 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.