Sukses

Deretan Film Horor Ini Diangkat dari Kisah Nyata, Berani Nonton?

Selain The Nun, film horor barat ini diangkat dari kisah nyata.

Liputan6.com, Jakarta - Meski menegangkan, film horor banyak dipilih orang untuk ditonton bersama pasangan dan teman. Meskipun rasa takut dan menegangkan menyelimuti diri mereka, tetapi rasa penasaran akan mengalahkan hal itu.

Terlebih lagi jika film itu diangkat dari kisah nyata. Penonton akan semakin dibuat penasaran oleh peristiwa yang terjadi. Terkadang, kejadian nyata dapat lebih mengesankan dibandingkan film lainnya.

Meskipun sebagian besar film horor merupakan karya fiksi, namun sering kali penulis naskah mendapat inspirasi dari peristiwa nyata. Kisahnya tak kalah menegangkan dan menakutkan dengan film. Dilansir dari Bright Side, beberapa adegan film horor barat ini berhasil diadaptasi dari kejadian nyata.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. The Nun

Film The Nun terinspirasi dari kejadian nyata yang terjadi pada tahun 2005 di Biara Gereja Ortodoks Rumania Tanacu, Rumania. Seorang Pastor bernama Daniel Petre Corogeanu membunuh seorang wanita muda bernama Maricica Irina Cornici. Alasannya karena ia percaya bahwa wanita itu kerasukan setan.

Maricica sering kali bertingkah aneh seperti tiba-tiba tertawa dan berteriak keluar dari tempatnya. Oleh karena itu, sang pastor dan beberapa biarawati lain memutuskan melakukan pengusiran setan. Namun, upaya tersebut membuat Maricica tidak selamat.

Ternyata, dugaan pastor salah karena sebenarnya Maricica mengidap skizofrenia. Pastor dan biarawati tidak mengakui kesalahannya. Mereka akhirnya dinyatakan bersalah dan dipenjara dalam waktu lama.

3 dari 6 halaman

2. The Conjuring

Film ini diangkat dari kejadian nyata pada bulan Januari 1971. Peristiwa horor itu menimpa keluarga Perron yang baru pindah ke rumah baru. Sejak kepindahannya, berbagai peristiwa yang sulit dijelaskan pun mulai terjadi.

Mereka mendengar derit di dapur hingga menemukan kotoran yang muncul secara tiba-tiba. Padahal kotoran itu sudah dibersihkan oleh mereka. Setiap malam hari, mereka terus diganggu oleh kejadian-kejadian aneh sampai membuat mereka tidak dapat tidur.

Pada akhirnya, keluarga Perron memanggil paranormal untuk melihat rumah mereka. Hasilnya di dalam rumah tersebut terdapat roh jahat. Paranormal itu memutuskan untuk melakukan ritual pengusiran roh jahat.

4 dari 6 halaman

3. Silence of the Lambs

Film ini terinspirasi dari peristiwa nyata Ted Bundy seorang pembunuh berantai paling terkenal di Amerika Serikat (AS). Ia mendapat julukan 'pembunuh menawan' karena berhasil memikat korbannya. Bundy mengincar wanita di tempat umum dengan memperkenalkan dirinya sebagai pekerja dari layanan pemerintah.

Ia berhasil ditangkap polisi beberapa kali, namun sifatnya yang cerdik berhasil membuat dirinya tidak bersalah. Setelah berhasil dinyatakan tidak bersalah, Bundy akan kembali melakukan kejahatan. Bundy akhirnya dijatuhi hukuman mati dan telah merenggut nyawa sekitar 30 orang korban.

 

5 dari 6 halaman

4. Scream 2

Peristiwa nyata ini berasal dari serangkaian pembunuhan yang terjadi pada tahun 1990 di AS. Pembunuhan keji itu menimpa lima siswa perguruan tinggi saat berada di asrama di Gainesville, Florida.

Pembunuhnya sangat pintar sehinga polisi sulit menangkapnya dalam waktu yang cukup lama. Setahun kemudian, polisi berhasil menangkap pembunuh itu. Ia bernama Daniel Harold Rolling yang bekerja sebagai pelayan. Daniel mendapat hukuman mati meskipun sedang mengalami gangguan psikologis.

 

6 dari 6 halaman

5. Split

Tokoh nyata bernama Billy Milligan memiliki 24 gangguan kepribadian ganda. Ia tidak pernah merasakan hidup damai karena penyakitnya. Hal itu membuat dirinya didorong untuk melakukan kejahatan seperti perampokan, kejahatan, dan narkoba.

Milligan memiliki masa kecil yang kelam. Penyakitnya itu disebabkan oleh tindakan kejam ayah tirinya saat Milligan kecil. Polisi berhasil menangkap Milligan dan berhasil dibawa ke pengadilan dua kali.

Tetapi pengadilan memutuskan bahwa Milligan gila. Ia lalu dihukum selama 10 tahun di rumah sakit jiwa. Sampai meninggal dunia, Milligan tidak dapat mengendalikan pikirannya.

 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.