Sukses

Jarang Diketahui, 5 Dampak dari Kebiasaan Duduk Menyilangkan Kaki

Apakah Anda kerap menyilangkan kaki saat duduk? Ketahui dampaknya pada tubuh berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Menyilangkan kaki saat duduk menjadi posisi yang kerap kita temukan, terutama pada wanita. Tak sedikit yang merasa nyaman duduk dengan posisi tersebut.

Meskipun dianggap sebagai postur yang terkesan elegan, posisi duduk sambil menyilangkan kaki ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Sebaiknya, Anda duduk dalam postur tubuh tegak sepanjang waktu untuk menghindari cedera sekaligus membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Melansir dari Brightside, berikut 5 dampak buruk kebiasaan duduk sambil menyilangkan kaki bagi kesehatan.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Memicu Kelumpuhan Saraf

Ketika Anda duduk dengan kaki menyilang dalam waktu lama, hal tersebut dapat menyebabkan kelumpuhan saraf peroneal umum (CPN). Jika Anda tak segera mengangkat kaki dan mengubah posisi duduk, hal itu dapat menyebabkan sensasi kesemutan, mati rasa pada otot, sensasi terbakar, hingga melukai saraf peroneal.

 

3 dari 6 halaman

2. Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian mengatakan, menyilangkan kaki setinggi lutut secara signifikan dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Meskipun kenaikan darah tersebut hanya bersifat sementara, penderita tekanan darah tinggi sebaiknya menghindari duduk dengan postur seperti tersebut.

 

4 dari 6 halaman

3. Postur Tubuh Buruk

Sebuah penelitian membuktikan bahwa duduk dengan menyilangkan kaki selama lebih dari tiga jam per hari dapat menyebabkan bahu dan pinggul miring ke samping. Selain itu, postur duduk tersebut juga membuat kepala lebih maju ke depan sehingga tulang belakang Anda tak sejajar.

Sementara postur tubuh yang tidak tepat menyebabkan nyeri dan otot yang kaku.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Pergelangan Kaki Bengkak

Sebaiknya, Anda menghindari postur duduk menyilangkan kaki saat sedang hamil. Pasalnya, hal itu dapat membuat kaki kram dan pergelangan kaki bengkak. Cobalah duduk dengan kedua kaki di lantai atau mengangkatnya.

 

6 dari 6 halaman

5. Nyeri Sendi

Tidak hanya buruk untuk postur tubuh individu, duduk sambil menyilangkan kaki juga dapat menimbulkan nyeri pada persendian Anda. Itu dapat membuat nyeri leher, panggul, punggung bawah, dan lutut Anda.

Sebaiknya, Anda menghindari duduk dengan postur menyilangkan kaki saat sudah mengalami nyeri lutut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.