Sukses

5 Manfaat Kismis Sebagai Camilan yang Sehat

Kismis mengandung berbagai nutrisi yang bisa menjadi sumber energi, serat, protein, dan karbohidrat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Kismis merupakan salah satu camilan yang mudah ditemukan di pasar maupun toko makanan. Produk olahan dari buah anggur yang dikeringkan ini memiliki rasa yang lezat. Biasanya kismis muncul dalam berbagai warna, seperti cokelat, kuning, hingga ungu kehitaman.

Kismis mengandung berbagai nutrisi yang bisa menjadi sumber energi, serat, protein, dan karbohidrat yang baik. Meskipun tinggi gula dan kalori, kismis memiliki indeks glikemik yang rendah.

Karenanya, kismis juga memiliki sejumlah manfaat positif bagi kesehatan individu. Mulai dari meningkatkan kesehatan tulang hingga jantung. Seperti melansir dari Well and Good, Senin (22/2/2021), berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi kismis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mengurangi peradangan

Kismis kaya akan antioksidan tertentu yang disebut polifenol. Polifenol mampu membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan mencegah peradangan.

"Sama seperti anggur, kismis adalah sumber antioksidan yang baik. Ini karena mereka tinggi akan jenis antioksidan tertentu yang disebut polifenol," kata Jessica Bippen, ahli diet.

Ia juga menjelaskan bahwa kismis juga bagus untuk kesehatan otak. Hal ini terkait dengan peningkatan fungsi kognitif dan sebagai pelindung dari penyakit kognitif, seperti alzheimer dan demensia.

3 dari 6 halaman

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Salah satu kandungan nutrisi pada kismis adalah zat besi. Zat besi mampu membantu aliran darah yang secara langsung bermanfaat bagi sistem kardiovaskular.

"Ini adalah nutrisi yang mungkin tidak cukup bagi banyak orang yang mengikuti pola makan vegan atau nabati. Jadi mengemil kismis dapat membantu mereka mendapatkan lebih banyak nutrisi," jelas Bippen.

Kismis menjadi makanan yang bagus untuk dimasukkan ke dalam camilan pra-latihan. Pasalnya, zat besi akan diserap dengan baik jika dipasangkan dengan vitamin C.

4 dari 6 halaman

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Kismis juga mengandung sedikit kalsium yang dapat mendukung kesehatan tulang. Selain itu, kalsium yang terkandung dalam kismis juga baik untuk gigi Anda.

Kalsium memainkan peran penting dalam fungsi otot, membantu menyampaikan pesan dari otak ke otot. Itulah mengapa kismis bagus untuk disimpan di tas olahraga Anda.

5 dari 6 halaman

4. Menjaga gula darah

Tak seperti daging atau kacang-kacangan, kismis mengandung sedikit protein. Hal ini dapat membantu menjaga gula dalam kismis agar tidak meningkatkan kadar gula darah yang tinggi.

6 dari 6 halaman

5. Sumber serat

Satu ons kismis mengandung satu gram serat. Serat merupakan nutrisi terpenting bagi tubuh yang dapat menurunkan peradangan hingga meningkatkan kesehatan usus.

Anda bisa mengonsumsi kismis setiap hari dengan menambahkannya ke oatmeal atau salad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.