Ada Sesuatu yang Mengejutkan Dibalik 5 Perilaku Kucing yang Aneh Ini

Oleh Gilar Ramdhani pada 19 Feb 2021, 09:15 WIB
Diperbarui 19 Feb 2021, 09:15 WIB
Rumah Ramah Kucing   
Perbesar
Kucing bermain. ©Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Cara kucing untuk berkomunikasi dengan manusia berbeda dengan hewan-hewan peliharaan lainnya. Selain ciri khas mengeluarkan suara meong, meong, meong, kucing kerap menunjukkan gestur, ekspresi, dan juga berbagai tingkah laku sebagai bentuk komunikasi. 

Ada yang bisa ditebak dan juga ada yang tidak. Perilaku kucing yang kerap sulit ditebak ini menjadi keunikan tersendiri dari hewan berbulu dan bermuka lucu ini. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai kelakuan dan berbagai tingkah misterius kucing yang mungkin akan kamu temui.

1. Kucing suka menjatuhkan barang dari atas meja

Bagian dari permainan
Perbesar
Ilustrasi kucing menggaruk.

Selain karena sikap ceroboh atau tidak sengaja, perilaku kucing suka menjatuhkan barang dari atas meja ini ternyata bentuk ia untuk mencari perhatian si pemilik. Bahkan kucing melihat hal tersebut sebagai sebuah hiburan untuknya. Karena dari benda yang jatuh selain menimbulkan suara juga ada reaksi dari manusianya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Berkedip secara perlahan

Gambar Ilustrasi Kucing Melakukan Kedipan Lambat
Perbesar
Sumber: Unsplash

Kamu pasti sering dilihat secara langsung oleh kucing dengan mata terbuka. Tapi kalau berkedip perlahan mungkin tidak setiap saat. Kucing melakukan hal tersebut untuk menunjukkan kasih sayang dengan cara berkedip dengan pelan. Para peneliti pun menyebut hal ini sebagai kitty kisses.

3. Tiba-tiba menggigit atau mencakar

 

Kiat Tepat Mengelus Kucing, Dijamin Bebas Risiko Cakar dan Gigitan
Perbesar
Cari tahu lebih lanjut yuk!

Lagi asik bersantai bersama, tiba-tiba anabul  menggigit atau mencakar, itu merupakan tanda ia ingin kamu berhenti membelai. Sebelah melakukan tindakan tak terpuji itu, kucing sebenarnya sudah memberikan tanda dengan mengibaskan ekor, menaikkan telinga, melebarkan pupil, serta mengencangkan otot. Kalau tanda itu muncul, baik-baik sadar sebelum dicakar.

Tindakan gigit dan cakar, bisa terjadi bila kamu membelai di area yang tak disukainya. Kebanyakan kucing suka dibelai di kepala, serta membenci belaian di perut atau dekat ekor.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Kucing tergila gila dengan kotak

Pantengin Perjuangan Kucing Imut Keluar dari Kotak
Perbesar
Perjuangan para kucing ini selalu terhalang oleh majikan mereka usilnya tak terkira.

Kucing sangat menyukai kotak karena kotak adalah tempat kucing untuk mereduksi stres yang ia alami. Kotak adalah tempat yang tepat juga untuk berlindung dan sebuah spot yang tepat untuk mengobservasi berbagai hal di sekitarnya. Perbedaan kotak yang dipilih kucing sebagai pelindungnya, seperti pemilihan kotak lebih kecil daripada kotak yang besar, adalah hal yang sampai saat ini jadi misteri.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Kucing menjilat kantong plastik 

Kucing suka menjilat tubuh
Perbesar
Ilustrasi kucing. (Shutterstock)

Kegemaran kucing adalah menjilati bulu dan tubuhnya sebagai bentuk perawatan diri. Kalau ini sampai menjilati plastik, ini bisa jadi tanda dia bosan dan stres. Selain itu, bisa jadi karena kurang mendapatkan asupan asi atau bahkan makanan yang cukup. Jadilah kantong plastik yang entah rasanya apa jadi sasaran untuk dijilati. Tak hanya itu, bisa jadi bagian bawah selimut, jaket dan pakaian yang tergeletak bisa jadi sasaran.

Kalau sudah begitu, kamu pasti sudah tahukan yang harus dilakukan. Kucing kesayanganmu perlu makanan bernutrisi agar tetap sehat dan aktif. Untuk menjaga kesehatan kucingmu, mulailah berikan makanan bergizi seperti Muezza. Sebagai makanan dry food Muezza sangat cocok dikonsumsi untuk kucing dewasa karena mengandung protein yang berkualitas tinggi.

 

Muezza
Perbesar
Muezza.

Muezza bukan hanya memperkuat tulang dan gigi saja, tapi juga mencukupi kebutuhan nutrisi lengkap dan seimbang lainnya. Mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing dewasa karena dikombinasikan dengan vitamin, asam lemak, dan omega. Lalu menyehatkan kulit dan bulu karena mengandung komposisi Omega3 dan Omega6. Hingga, mengoptimalkan sistem pencernaan karena Muezza dibuat dengan banyak yang sangat mudah dicerna.

Selain keunggulan itu, Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Muezza tersedia dalam berbagai pilihan rasa yang lezat dan penuh nutrisi dari Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia. 

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

Lanjutkan Membaca ↓