Musim Hujan, Ini Cara Bantu Kucing Tetap Hangat dan Tidak Masuk Angin

Oleh Gilar Ramdhani pada 17 Feb 2021, 21:10 WIB
Diperbarui 17 Feb 2021, 21:10 WIB
Kandang Kucing
Perbesar
Ilustrasi kandang kucing. Credit: Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta Di saat musim hujan dan cuaca dingin saat ini, siapa saja bisa terkena masuk angin dan sakit flu. Sehingga penting untuk selalu menjaga suhu badan tetap normal dan memperkuat sistem imun agar tidak mudah sakit. 

Lalu, pernahkah kamu memikirkan apa yang terjadi pada kucing saat musim-musim hujan seperti ini. Apakah mereka bisa masuk angin dan terserang flu? 

Ternyata, kucing termasuk hewan yang lebih sensitif terhadap perubahan suhu, terutama jika mereka terbiasa hidup hanya di dalam ruangan. Tidak seperti hewan berbulu lainnya, kucing tidak memiliki bulu yang tebal atau lapisan ganda seperti anjing. Beberapa faktor yang membuat kucing sensitif dengan dingin.

Ras dengan sedikit atau tanpa bulu

Beberapa ras kucing seperti kucing Siam, yang hampir tidak memiliki atau sangat sedikit rambut, cenderung merasa kedinginan. Oleh karena itu harus lebih diawasi di musim hujan dan memberi perlindungan ekstra terhadap hawa dingin.

Kucing yang sakit

Seperti manusia, kucing yang sakit sering kali memiliki pertahanan tubuh yang rendah dan lebih mungkin terkena flu dan masuk angin.

Kucing kecil dan tua

Anak kucing atau kucing muda belum sepenuhnya mengembangkan sistem kekebalan. Kucing yang lebih tua di atas 7 tahun juga  memiliki sistem kekebalan yang lemah. Oleh karena itu, mereka lebih mudah terserang penyakit jika terjadi perubahan suhu. 

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara membantu kucing tetap hangat

Ilustrasi Kucing/Shutterstock.
Perbesar
Ilustrasi Kucing/Shutterstock.

1. Diet yang tepat dan seimbang 

Ini akan meningkatkan kesehatan kucing Anda dan memperkuat pertahanan terhadap dingin. Namun, Anda harus ingat bahwa selama musim dingin, kucing sering kali kurang berolahraga dan umumnya kurang aktif dibandingkan musim lainnya. 

Jika mereka selalu ada di dalam rumah dan jarang bergerak, sebaiknya tidak memberikan makanan atau suplemen tambahan karena mereka tidak membakar kalori dan untuk menghindari obesitas.

Sebaliknya, jika kucing Anda cenderung berkeliaran jauh dari rumah atau tinggal di luar, lebih baik memperbesar porsinya untuk dorongan energi ekstra dan untuk menjaga suhu tubuhnya.

2. Menutup jendela rumah

Cara yang baik untuk mencegah kucing Anda kedinginan adalah menutup jendela, menjaga agar suasana tetap hangat dan nyaman bagi mereka dan kita.

3. Biarkan sinar matahari masuk 

Ketika matahari bersinar, Anda  bisa membuka tirai untuk membiarkan sinar matahari masuk ke rumah. Sehingga kucing Anda bisa berbaring dan menghangatkan diri di bawah cahaya matahari.

4. Letakkan banyak selimut 

Jika hewan peliharaan Anda memiliki sedikit atau tidak ada bulu, maka berikan selimut yang lebih baik dan nyaman. Dalam hal ini Anda juga bisa memberikan pakaian khusus untuk kucing.

Anda juga dapat meletakkan selimut atau selimut di tempat tidur dan sofa, sehingga kucing Anda bisa berada di mana saja dengan nyaman, tidak harus selalu di kandang.

Adapun tanda-tanda kucing mengalami masuk angin dan sakit flu, yakni;

  • Menghasilkan lebih banyak lendir dari biasanya melalui hidung
  • Memiliki mata merah dan / atau berair
  • Bersin lebih dari biasanya
  • Merasa lesu dan malas

Dalam kasus ini, Anda harus sesegera mungkin pergi ke dokter hewan untuk memeriksa keadaan kucing menentukan perawatan yang tepat sebelum memburuk.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Berikan Makanan Bergizi dan Bernutrisi

Memutuskan untuk memiliki kucing peliharaan berarti berkomitmen pula untuk memenuhi asupan gizi serta menjaga kondisi kesehatannya. Saat ini, makanan kucing siap makan memang sudah banyak tersedia di toko-toko hewan peliharaan. Mulai dari makanan basah kalengan, snack, camilan khusus hingga makanan kering untuk kucing seperti Muezza Cat Food. 

Muezza
Perbesar
Muezza.

Makanan kucing yang satu ini kerap jadi pilihan karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan pilihan rasa beragam. Mulai dariMackarel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Cara mendapatkannya juga mudah karena bisa dibeli secara online di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

Lanjutkan Membaca ↓