Sukses

Tidak Bisa Berenang, Ikan Ini Pakai Pelampung Agar Tak Tenggelam

Ikan mas ini mengalami kelainan kandung kemih yang membuatnya tidak bisa berenang dengan normal.

Liputan6.com, Jakarta - Memelihara ikan di rumah banyak dipilih individu sebagai penghilang stres. Namun, bagaimana jika ikan yang Anda miliki tidak bisa berenang?

Kondisi itu nyatanya dialami seekor ikan mas milik Stacey O’Shea yang mengalami lumpuh dan membuat ikan peliharaannya itu tidak bisa berenang.

Melansir dari India Times, Rabu (17/2/2021), ikan mas malang itu mengalami kelainan kandung kemih yang membuatnya tidak bisa berenang dengan normal, dan akan berenang terbalik bahkan tenggelam.

Untuk itu, Stacey memutuskan membuat jaket pelampung khusus untuk ikan mas itu agar mempermudahnya berenang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan yang Digunakan untuk Membuat Pelampung

Untuk membuat pelampung itu, Stacey menggunakan pipa plastik kecil dan sambungan T yang biasanya digunakan untuk filter AC. 

Agar pelampung itu memiliki berat, dia menambahkan polistiren atau sejenis styrofoam yang memiliki berat. Itu nantinya akan membantu ikan mengambang.

Stacey bahkan secara berkala menyesuaikan jumlah polistiren yang membantu ikan mas berenang ke level yang berbeda di dalam aquarium.

“Dia telah hidup di bagian bawah tangki dalam keadaan terbalik untuk beberapa waktu. Maka dari itu, saya ingin membantunya agar bisa berenang dengan normal,” kata Stacey seperti dikutip dari Daily Mail.

 

3 dari 3 halaman

Bukan Orang Pertama yang Membuat Pelampung untuk Ikan

Stacey nyatanya bukanlah pecinta ikan pertama yang membuat pelampung untuk ikan mas yang mengalami masalah kesehatan.

Tahun lalu, seorang pria Massachusetts membuat jaket pelampung berbentuk tabung serupa untuk hewan peliharaannya yang berumur lima tahun yang tidak bisa berenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.