Sukses

6 Hal Ini Sebabkan Bau Badan Berubah Seiring Bertambahnya Usia

Ternyata ada beberapa hal yang dapat sebabkan bau badan Anda berubah seiring bertambahnya usia

Liputan6.com, Jakarta Satu eksperimen menunjukkan bahwa Anda dapat mengidentifikasi usia seseorang hanya dari baunya. Aroma tubuh seseorang selalu berubah seiring bertambahnya usia karena kesehatan, obat yang diminum, diet, dan perubahan hormonal.

Itu semua dapat mengubah aroma tubuh dengan membuat Anda lebih banyak berkeringat, atau karena perubahan kimiawi kulit dan pola makan. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan bau badan berubah seiring bertambahnya usia seperti dilansir dari Brightside.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Memiliki beberapa penyakit

Seiring bertambahnya usia, Anda cenderung memiliki masalah kesehatan. Dan beberapa penyakit seperti diabetes dapat mengubah bau tubuh Anda.

Diabetes dikenal karena aroma buah dan sirupnya karena tubuh kita menghasilkan keton dalam jumlah besar.

Penyakit lain yang diketahui dapat mengubah aroma tubuh adalah hipertiroidisme dan penyakit hati.

 

3 dari 7 halaman

2. Kulit yang menua

Kulit membuat lebih banyak asam lemak saat bertambahnya umur seseorang, ini kadang-kadang disebut "bau orang tua". Ketika asam lemak ini bertemu dengan udara, mereka meningkatkan zat kimia yang dikenal dengan bau asam, gas, dan berminyak: 2-nonenal. Jadi “bau orang tua” itu nyata, karena bau kulit benar-benar berubah.

 

4 dari 7 halaman

3. Mengubah pola makan seiring bertambahnya usia

Makanan seperti ikan, rempah-rempah, dan daging merah dapat memengaruhi penciuman Anda. Setelah makanan Anda dipecah di dalam tubuh, Anda melepaskan bahan kimia melalui keringat yang terkadang sangat kuat.

Jumlah air dalam makanan sehari-hari adalah alasan lain dari bau badan. Semakin Anda dehidrasi, semakin buruk bau napas. Mulut kering adalah tempat yang tepat bagi bakteri untuk tumbuh, karena tidak bisa terbawa oleh air liur atau air.

 

5 dari 7 halaman

4. Hormon yang berubah

Anda bahkan mungkin tidak mewaspadai hal itu, tetapi hormon tubuh sering berubah, terutama saat manusia mengalami menstruasi dan mengalami menopause. Satu penelitian bahkan memberi tahu bahwa pria menganggap wanita yang sedang berovulasi paling menarik karena bau badan mereka.

Perubahan hormonal lain seperti pubertas dan stres tinggi juga dapat mengubah bau badan Anda.

 

6 dari 7 halaman

5. Minum obat tertentu

Beberapa suplemen dan obat-obatan, seperti antidepresan, dapat mengubah aroma tubuh saat dikonsumsi. Karena mereka membuat lebih banyak berkeringat dari kelenjar apokrin di ketiak dan selangkangan, bau badan pun berubah. Saat keringat bercampur dengan bakteri kulit, hal itu menciptakan bau badan yang kuat.

 

7 dari 7 halaman

6. Kebersihan mulut secara umum

Air liur adalah pertahanan alami terhadap bau mulut, dan semakin tua, semakin sedikit air liur yang dihasilkan mulut. Penyakit gusi lebih sering terjadi pada orang tua, yang dapat menyebabkan bau mulut dan memengaruhi bau badan Anda secara keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.