Sukses

Minum Kopi hingga Tidur Terlalu Lama, Ini 5 Hal yang Wajib Dihindari Sebelum Olahraga

Hindari hal-hal berikut ini sebelum Anda berolahraga, seperti minum kopi dan menggunakan pakaian yang kurang tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga yang teratur memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh kita. Selain membuat tubuh bugar dan sehat, olahraga juga dapat mencegah kenaikan berat badan.

Namun, kebiasaan sebelum mulai olahraga ternyata berpengaruh terhadap hasilnya lho. Mulai dari minum kopi sebelum olahraga atau mengenakan pakaian yang salah.

Dengan menghindari hal-hal berikut tersebut, olahraga yang Anda lakukan akan memiliki pengaruh lebih besar bagi kesehatan tubuh dan membuat tujuan cepat tercapai. Dilansir dari Brightside pada Selasa (16/2/2021), berikut 5 hal yang harus dihindari sebelum melakukan olahraga.

 

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jangan Mulai Berolahraga dengan Perut Kosong

Tak sedikit orang yang membiarkan perut mereka kosong sebelum melakukan olahraga kardio. Hal ini ditunjukkan untuk membakar lebih banyak kalori dan lemak pada tubuh yang dapat membantu menurunkan berat badan lebih banyak.

Namun, ketika Anda belum makan apa pun selama beberapa jam sebelum olahraga, tubuh Anda mungkin akan mulai menggunakan protein sebagai bahan bakar. Itu berarti tubuh akan memiliki lebih sedikit protein untuk memperbaiki dan membangun otot Anda. Selain itu, jika fokus menjadikan lemak sebagai sumber energi utama, bukan berarti tubuh akan membakar kalori lebih banyak.

 

3 dari 6 halaman

2. Jangan Minum Terlalu Banyak

Terhidrasi dengan baik sebelum berolahraga merupakan hal yang penting. Namun, terlalu banyak minum air membuat darah berusaha menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh sehingga membuat sel bengkak. Beberapa gejalanya, seperti pusing, nyeri, bahkan muntah.

Anda cukup minum air sekitar 400ml-500ml satu atau dua jam sebelum olahraga. Kemudian, 200ml-300ml saat 15 menit sebelum olahraga. Anda mungkin perlu minum lebih banyak ketika banyak berkeringat atau saat cuaca lebih hangat.

 

4 dari 6 halaman

3. Jangan Tidur Siang Terlalu Lama

Tidur sebelum berolahraga bukanlah masalah. Anda bisa tidur kurang dari 30 menit sebagai 'power-nap' yang dapat meningkatkan fokus dan energi. Namun, tidur siang yang lebih lama dari rurasi tersebut dapat berdampak sebaliknya. Hal tersebut bisa ­­­­­membuat Anda merasa lebih lesu daripada sebelum tidur.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Pilih Pakaian yang Tepat

Pada hari-hari yang lebih panas, gunakanlah pakaian yang memungkinkan kulit Anda bernapas. Pilih pakaian yang nyaman dan sejuk sehingga memudahkan Anda bergerak dengan bebas. Selain itu, pilih celana dan atasan yang menyerap keringat.

Sebaliknya, Anda tak boleh memakai terlalu banyak lapisan saat olahraga meskipun cuaca sedang dingin. Pasalnya, Anda akan berkeringat lebih banyak karena kepanasan. Selain itu, keringat akan menguap dengan cepat dan membuat Anda kedinginan ketika angin menerpa.

 

6 dari 6 halaman

5. Jangan Minum Kopi

Kafein mungkin dapat menambah energi dan membuat Anda berolahraga lebih banyak. Namun, mengonsumsi kafein terlalu banyak dapat menyebabkan kontraksi di usus besar sehingga meningkatkan keinginan buang air besar. Hal ini dapat membuat Anda tak jadi berolahraga dan hanya berdiam diri di toilet saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.