Sukses

Mendengar Suara Alam hingga Tidur Bisa Kurangi Stres Setelah Kerja

Lima hal menyenangkan yang dapat Anda lakukan setelah seharian bekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi seorang pekerja, memiliki work life balance merupakan sebuah kebutuhan. Pekerjaan yang menumpuk di kantor seringkali membuat tingkat stres seseorang meningkat.

Hal tersebut juga menurunkan tingkat kebahagiaan seseorang sehingga menimbulkan berbagai risiko terkena penyakit.

Karenanya, sebagai pekerja kantor Anda perlu melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan yang dapat membuat pikiran fresh dan siap untuk kembali bekerja keesokan harinya.

Sebagian individu mungkin berpikir bahwa sudah tak memiliki waktu lagi untuk bersenang-senang, tetapi Anda dapat melakukan beberapa hal kecil ini usai pulang kerja.

Berikut 5 cara mudah yang bisa Anda lakukan setelah pulang bekerja agar mendapatkan work life balance, seperti melansir dari Just Web World, Selasa (16/2/2021).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Gunakan earphone dan dengarkan suara alam

Tinggal atau bekerja di kota dapat membuat seseorang lebih mudah stres. Anda harus bangun pada jam tertentu, sarapan tak teratur, dan bergegas keluar rumah untuk berangkat kerja setiap lima hari dalam seminggu. Hal tersebut mungkin dapat mengganggu kesehatan mental Anda.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mendengarkan suara alam selama beberapa jam saat pulang kerja. Ini akan membawa Anda seolah berada di tempat istimewa yang dapat mengurangi stres. Alih-alih mengkhawatirkan hal yang terjadi pada hari itu, Anda akan fokus mendengarkan suara alam yang indah.

3 dari 6 halaman

2. Ruang bermain khusus

Memiliki ruangan khusus untuk me time setelah bekerja merupakan hal yang penting. Anda dapat menonton film, bermain gim favorit, atau membaca buku.

Selain itu, menikmati secangkir teh hangat dan menyalakan lilin aroma terapi saat melakukan hal-hal tersebut juga dapat membantu Anda mengurangi stres setelah bekerja seharian.

4 dari 6 halaman

3. Lakukan hobi Anda

Bekerja mungkin menghalangi beberapa hobi atau minat favorit Anda. Mulai dari sekadar melukis atau mengkoleksi sesuatu.

Anda dapat meluangkan waktu untuk melakukan hobi atau hal-hal yang disukai setelah seharian bekerja.

5 dari 6 halaman

4. Mandi air hangat

Setelah lelah bekerja seharian, Anda dapat mandi dengan air hangat. Pasalnya, air hangat dianggap sebagai salah satu cara untuk menghilangkan stres karena memberikan efek menenangkan.

Mandi dengan air hangat dapat membantu otot-otot Anda lebih rileks setelah tegang bekerja.

6 dari 6 halaman

5. Tidur

Tidur merupakan pendukung dari seluruh cara menghilangkan stres yang Anda lakukan setelah pulang bekerja. Memiliki kualitas tidur yang baik akan memulihkan energi dan pikiran Anda.  

Selain itu, jauhkan gadget saat sedang tidur agar pikiran lebih jernih dan tidur bisa lebih lelap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.