53 Tahun Hilang, Dompet Pria Ini Kembali ke Pemiliknya

Oleh Liputan6.com pada 18 Feb 2021, 10:01 WIB
Diperbarui 18 Feb 2021, 13:29 WIB
Ilustrasi Dompet
Perbesar
Ilustrasi dompet (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria asal California bernama Paul Grisham kehilangan dompetnya di Antartika pada tahun 1960-an. Saat itu, Paul bekerja sebagai ahli meteorologi Angkatan Laut di benua Antartika.

Melansir dari Fox News, Senin (15/02/2021), setelah 13 bulan bertugas di Antartika sejak bulan Oktober 1967, dompetnya hilang di benua yang tertutup es tersebut. Setelah berusaha mencarinya, ia tetap tidak menemukan dompet itu. Pada akhirnya Paul berhenti mencari dompet itu dan melupakannya.

Bak Dewi Fortuna yang memihak Paul, dompet tersebut dikembalikan oleh seseorang setelah 53 tahun hilang. Ia menerima dompet itu pada hari Sabtu melalui pos. "Saya sangat terpesona," kata Grisham kepada The San Diego Union-Tribune, seperti dikutip Fox News.

 

2 dari 5 halaman

Ditemukan Tahun 2014

Dompet Paul Grisham
Perbesar
Paul Grisham memegang kartu ID Angkatan Laut 1968, yang ditemukan di dalam dompetnya. (Nelvin C. Cepeda / San Diego Union-Tribune via AP)

Dompet Paul ditemukan pada tahun 2014 saat melakukan pembongkaran sebuah bangunan di Stasiun McMurdo di Pulau Ross, Antartika. Dompet itu ditemukan oleh Stephen Decato dan putrinya Sarah Lindbergh, warga asal New Hampshire.

Mereka bekerja dengan Bruce McKee di Indiana Spirit, yayasan nirlaba '45. Sebelum melacak Grisham untuk mengembalikan dompet, mereka telah mengembalikan gelang ID Angkatan Laut kepada pemiliknya.

Sarah mulai menghubungi McKee yang mengunggah pemberitahuan online tentang gelang tersebut, untuk menemukan pemiliknya. Stephen dan Sarah dengan dibantu McKee berhasil menemukan pemilik gelang itu.

 

3 dari 5 halaman

Paul Berhasil Dilacak Lewat Berbagai Kelompok

dompet paul grisham
Perbesar
Paul Grisham dan istrinya Carole Salazar memeriksa dompetnya dan barang-barang yang ada di dalamnya ketika dia kehilangan dompet itu pada tahun 1968. (Nelvin C. Cepeda / The San Diego Union-Tribune via AP)

Setelah mengembalikan gelang, mantan bos Stephen kembali memintanya untuk menemukan pemilik dompet yang hilang. Sebelumnya, Stephen bekerja di agensi yang melakukan penelitian di Antartika.

Stephen kembali bekerja sama dengan Sarah dan McKee untuk menemukan Paul, sang pemilik dompet. Mereka melacak Paul melalui berbagai kelompok yang beranggotakan Paul, salah satunya Naval Weather Service Association.

Mereka berhasil menemukan alamat Paul dan langsung mengirim dompet itu melalui pos. "Jika itu milik ayah saya, saya akan menghargainya seperti yang akan mereka lakukan," kata Sarah. Sarah mengatakan bahwa itu adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan.

 

4 dari 5 halaman

Isi Dompetnya Menyimpan Banyak Kenangan

dompet Paul Grisham
Perbesar
Isi dompet Paul Grisham. (Nelvin C. Cepeda / San Diego Union-Tribune via AP).

Setelah dikembalikan, dompet Paul masih berisi beberapa kartu yang menyimpan banyak kenangan saat berada di benua Antartika. Dompet itu berisi SIM dan kartu ID Angkatan Laut.

Selain itu, kartu referensi tentang apa yang harus dilakukan saat ada serangan atom, kimiawi dan biologis juga masih tersimpan. Kartu lain yang masih tersimpan yakni surat pernyataan pemotongan pajak, kartu bir, serta tanda terima wesel yang dikirimkan kepada istrinya.

 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓