Sukses

Dokter Umum: Gejala Flu Biasa Sebaiknya Diperlakukan Seperti Covid-19

Sekelompok dokter umum meminta gejala flu biasa sebaiknya diperlakukan seperti Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Menurut sekelompok dokter umum, gejala flu biasa tidak boleh dianggap remeh dan harus diperlakukan sebagai tanda Covid-19. Sesuai laporan, sebanyak 140 dokter umum dan perawatan kesehatan profesional di London timur telah menulis dan menandatangani surat terbuka kepada kepala petugas medis Chris Whitty dan dan Dr. Susan Hopkins dari Public Health England.

Mereka menuntut untuk membuat daftar penyakit umum di bawah kemungkinan gejala COVID. Para dokter umum itu mengklaim bahwa pasien biasanya mengalami gejala khas flu biasa seperti sakit tenggorokan, pilek, dan sakit kepala sebelum dinyatakan positif virus corona.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tuntutan mereka

Melansir dari TimesofIndia, mereka mendesak pejabat kesehatan untuk bertindak karena kerap kali orang yang memiliki gejala ringan Covid, secara tidak sengaja menyebarkan virus dengan berpikir bahwa itu hanyalah gejala flu biasa.

Salah satu dokter umum, Dr. Alex Sohal, salah satu penulis surat yang diterbitkan di British Medical Journal, menyatakan, "Para pasien ini bahkan sering tidak mempertimbangkan bahwa mereka mungkin mengidap Covid-19 dan tidak mengisolasi diri di hari-hari awal ketika virus itu paling menular."

Menurutnya, "Seharusnya diadakan kampanye publisitas nasional yang berfokus pada batuk, suhu tinggi, dan hilangnya bau atau rasa sebagai gejala yang harus diwaspadai.

 

3 dari 5 halaman

Gejala ringan juga menular

Selain itu, dia berkata, “Saat ini penting untuk mengubah definisi kasus Covid-19 Inggris dan kriteria pengujian untuk memasukkan flu dan pilek, sehingga konsisten dengan WHO.

“Katakan kepada masyarakat, terutama mereka yang harus pergi bekerja dan bosnya, bahwa bahkan mereka yang memiliki gejala ringan (tidak hanya batuk, suhu tinggi, dan hilangnya bau atau rasa) tidak boleh keluar, utamakan lima hari pertama untuk isolasi diri saat mereka kemungkinan besar akan menular," tambahnya.

 

4 dari 5 halaman

Gejala klasik COVID lainnya

Sementara daftar gejala COVID terus meningkat dan berkembang, beberapa tanda paling umum dari virus corona baru adalah sebagai berikut:

- Demam

- Batuk kering

- Nyeri otot dan nyeri sendi

- Hilangnya indera penciuman dan perasa

- Sakit perut dan mual

- Sakit tenggorokan

- Nyeri dada dan sesak napas

- Kelelahan

 

5 dari 5 halaman

Langkah-langkah yang harus diambil

Jika Anda mengalami atau mengembangkan salah satu gejala yang terkait dengan COVID-19, cara terbaik untuk memastikan kondisi medis Anda adalah dengan melakukan tes.

Setelah Anda melakukannya, isolasi diri Anda hingga dan sampai Anda menerima hasil tes.

Ikuti pedoman COVID dan pertahankan jarak sosial setiap saat, terutama di tempat-tempat keramaian. Kenakan masker Anda dan desinfeksi area yang sering disentuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilek adalah kondisi dimana terjadi infeksi ringan pada hidung. Biasanya ditandai dengan terjadinya sumbatan pada hidung dan saluran nafas.

    Pilek

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Flu

  • virus corona

  • COVID