Sukses

Keren, Ilmuwan Berhasil Ajari Babi Main Video Game

Kisah seorang ilmuwan yang mengajari seekor babi bermain video gim.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi terbaru pada  babi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology menemukan hal yang menarik.

Ilmuwan melakukan pengujian pada  hewan tersebut untuk menyelidiki kemampuan kognitifnya seperti ingatan, perhatian, dan konseptualisasi. 

Percobaan tersebut terbilang cukup unik karena menggunakan rakitan video gim sederhana untuk melatih hewan tersebut.

Tentu Anda bertanya-tanya bagaiamana mereka bisa melatih seekor babi bisa bermain video gim?

Ya, begini cara seekor babi memainkannya melansir dari Cnet.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ilmuwan yang menguji

Pengujian tidak bisa berjalan tanpa campur tangan dari spesialis perilaku hewan Purdue Candace Croney dan ahli kognisi simpanse Sarah Boysen.

Selama bereksperimen, peneliti melibatkan sebanyak empat babi: di antaranya dua babi Yorkshire bernama Hamlet dan Omelette serta dua babi mikro bernama Ebony dan Ivory menjadi bahan ujinya. 

Sungguh di luar dugaan, babi-babi itu pintar menggerakkan joystick yang menjadi alat kontrol permainan tersebut. 

“Setiap babi melakukan tugas dengan baik dan menunjukkan bahwa hewan tersebut memahami bahwa gerakan joystick terhubung ke kursor di layar komputer,” ungkapnya. 

3 dari 4 halaman

Hasil penelitiannya

Agar mereka tetap fokus selama eksperimen berlangsung, para peneliti tak lupa memberikan imbalan berupa makanan jika mereka bermain dengan benar.

Meskipun bisa mengoperasikan video gim, rupanya hewan babi masih gagal memenuhi kriteria untuk menunjukkan penguasaan konsep sepenuhnya yang digunakan oleh hewan primata. 

Ilmuwan berasumsi hal itu disebabkan oleh desain ekperimen dan menyarankan untuk menggunakan laya sentuh dalam eksperimen ke depannya. 

4 dari 4 halaman

Memahami kecerdasan babi

Lebih lanjut, para ilmuwan menyimpulkan bahwa penelitian tersebut dapat berimplikasi pada bagaimana kita memahami kecerdasan babi dan kemampuannya untuk belajar.

Dan tidak dipungkiri, mereka bisa menjadi pemain gim yang handal mengalahkan gamers lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.