Sukses

Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Minum Kopi Saat Perut Kosong di Pagi Hari

Berikut deretan hal yang akan terjadi pada tubuh jika kalian langsung minum kopi saat perut kosong di pagi hari.

Liputan6.com, Jakarta - Kopi menjadi salah satu minuman yang digemari banyak individu. Tak sedikit orang yang meminum kopi untuk membuat tubuh lebih bersemangat. Tak hanya saat bersantai sore, banyak pula orang yang senang menikmati hangatnya kopi di pagi hari.

Ya, tak sedikit orang yang langsung meminum kopi di pagi hari, bahkan dalam keadaan perut kosong. Hal ini bahkan menjadi kebiasaan banyak orang tanpa mereka tahu dampak sebenarnya langsung mengonsumsi kopi di pagi hari.

Melansir dari BrightSide, Selasa (15/2/2021), berikut deretan hal yang akan terjadi pada tubuh jika Anda langsung minum kopi saat perut kosong di pagi hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Anda mungkin akan merasa lebih mengantuk

Kopi adalah minuman yang dapat membuat tubuh lebih segar dari rasa kantuk, tetapi meminumnya segera setelah Anda bangun dari tempat tidur mungkin memiliki efek sebaliknya.

Kafein pada kopi dapat menggandakan kadar hormon stres dan dapat menyebabkan masalah tidur, yang menyebabkan kelelahan. Jika Anda memulai hari dengan secangkir cappucino dengan gula, Anda mungkin akan merasa mengantuk kembali setelah beberapa saat.

Ini terjadi karena tubuh kita memproduksi insulin untuk mengimbangi gula, menyebabkan kadar glukosa darah Anda turun, yang mengakibatkan tubuh kekurangan energi dan mengalami kecemasan.

3 dari 6 halaman

2. Tubuh Anda mungkin kehilangan mineral esensial lebih cepat

Minum kopi secara teratur di pagi hari dapat menyebabkan Anda kehilangan banyak vitamin dan mineral penting.

Ini dapat menyabotase penyerapan zat besi, magnesium, dan vitamin B yang penting untuk sistem saraf kita. Terlalu banyak kafein juga dapat melepaskan kalsium dari tulang Anda, membuatnya lemah dan rapuh.

4 dari 6 halaman

3. Mengganggu Pencernaan Anda

Meskipun kopi akan membantu Anda bangun di pagi hari, minuman ini juga dapat membuat Anda ingin buang air lebih sering. Kopi mengaktifkan sistem saraf yang pada gilirannya memengaruhi usus besar dan dapat menyebabkan diare.

Banyak orang juga suka menambahkan susu atau krim ke secangkir kopi pagi mereka dan karena kebanyakan dari kita mengalami kesulitan mencerna laktosa, hal itu juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut.

5 dari 6 halaman

4. Menyebabkan berat badan bertambah

Meskipun kopi hitam dapat membantu tubuh membakar lemak, kopi juga dapat mengganggu pola tidur sehat Anda. Ketika Anda tidak cukup tidur, Anda cenderung merasa lebih lapar dan lebih banyak mengidam camilan manis.

Banyak minuman kopi yang dikemas dengan gula dan kalori dan dapat menyebabkan tubuh Anda bertambah gemuk.

6 dari 6 halaman

5. Bisa menimbulkan kecemasan

Ketika bangun di pagi hari, kadar hormon stres Anda biasanya paling tinggi. Kafein merupakan stimulan yang dapat memberi efek gelisah pada tubuh dan bahkan dapat memicu serangan kecemasan bagi sebagian orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.