Sukses

6 Hal yang Terjadi pada Tubuh Bila Anda Berhenti Mengonsumsi Lemak Sama Sekali

Ini yang terjadi pada tubuh bila Anda berhenti mengonsumsi makanan berlemak sama sekali

Liputan6.com, Jakarta Saat memulai diet, seringkali hal pertama yang ingin Anda hilangkan adalah lemak. Memang benar bahwa lemak jahat dapat membuat Anda bertambah gemuk, tapi ada juga lemak sehat yang penting bagi tubuh Anda.

Mengurangi lemak sepenuhnya justru dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda. Bahkan ini dapat menyabotase upaya Anda untuk mencapai tubuh impian.

Berikut ini beberapa alasan mengapa berhenti mengonsumsi lemak sama sekali bisa merugikan daripada menguntungkan Anda seperti dilansir dari Brightside.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Anda mungkin merasa lebih lapar

Saat Anda mengurangi lemak, Anda mungkin menyadari bahwa Anda tidak kenyang setelah makan. Lemak makanan adalah nutrisi penting yang kita butuhkan dalam makanan kita, hanya dalam jumlah sedang.

Dan jika Anda tidak mengonsumsi cukup banyak elemen tertentu yang dibutuhkan tubuh, Anda kemungkinan besar akan mencari kalori di tempat lain. Alih-alih, Anda justru makan lebih banyak.

 

3 dari 7 halaman

2. Ingatan Anda mungkin memburuk

Jika Anda berhenti mengonsumsi lemak sepenuhnya, Anda mungkin menyadari bahwa Anda tidak awas seperti biasanya. Lemak baik meningkatkan kesehatan otak, dan terbukti bahwa pola makan Mediterania yang mencakup lemak sehat seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, dan ikan, dapat membantu meningkatkan daya ingat Anda.

Mengonsumsi lemak baik yang cukup juga dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih rendah.

 

4 dari 7 halaman

3. Anda mungkin mempertaruhkan jantung Anda

Ada beberapa manfaat bagi jantung Anda untuk mengonsumsi lemak sehat. Pola makan mediterania yang kaya akan lemak baik dapat menurunkan risiko serangan jantung.

Menurut sebuah penelitian, orang yang makan lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun setiap hari memiliki peluang 15% lebih rendah untuk menderita penyakit jantung apa pun.

 

5 dari 7 halaman

4. Berat badan Anda mungkin bertambah

Saat Anda mengikuti diet rendah lemak, Anda mencegah tubuh Anda membakar lemak. Lemak sehat tertentu, seperti lemak dalam almond dapat meningkatkan metabolisme Anda.

 

6 dari 7 halaman

5. Akan lebih sulit untuk membangun otot

Makan lemak baik dan berolahraga secara teratur dapat membantu Anda membangun otot. Lemak juga dapat meningkatkan konsentrasi protein dalam tubuh Anda yang pada akhirnya akan membantu tubuh Anda pulih lebih cepat setelah latihan yang intens.

 

7 dari 7 halaman

6. Sistem kekebalan Anda mungkin melemah

Asam lemak sangat penting untuk melindungi sistem kekebalan. Selain itu, banyak vitamin menyerap lebih baik bila dikonsumsi dengan lemak. Jika Anda menghilangkan lemak baik dari makanan Anda, Anda mungkin menghalangi tubuh Anda untuk mendapatkan cukup vitamin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.