Sukses

Bukan Gatal-Gatal, Ini Alasan Lain Kucing Doyan Berguling di Jalanan

ianggap menghilangkan gatal-gatal, ternyata ada makna yang tersembunyi di balik aksinya ini.

Liputan6.com, Jakarta Kucing dikenal suka melakukan beberapa hal unik, yang terkadang sulit dipahami. Salah satunya adalah berguling di atas jalanan sambil menggosokkan kepala dan mengeong. Dianggap menghilangkan gatal-gatal, ternyata ada makna yang tersembunyi di balik aksinya ini.

Mengatur Suhu

 

Kucing sering berguling-guling di tanah atau rumput untuk mendinginkan diri di hari yang panas. Anehnya, hal yang sama juga dilakukan untuk menyerap panas di tengah cuaca yang dingin. Pastikan saja untuk menjauhkan kucing dari jalanan di bawah terik matahari yang bisa paw-nya terasa terbakar saat berjalan melewatinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menandai Wilayahnya

Saat berguling-guling, kucing mengeluarkan feromon dari cakar, kepala, dan pipinya, meninggalkan bau khasnya di tanah. Dengan meninggalkan aroma di sekitar halaman dan rumah, anabulmu tengah menandai wilayahnya. Biasanya berguling-guling di jalan masuk rumah, cara ini dilakukan untuk menghalau kucing liar berjalan di atasnya.

 

3 dari 5 halaman

Ingin Diperhatikan

Kucing tidak akan berguling danmenunjukkan perutnya, kecuali merasa nyaman dan terlindungi. Ini pertanda baik saat melihat hewan peliharaanmu berguling-guling disertai mengeong atau berkedip perlahan. 

Menunjukkan kepercayaan, dekati kucing secara perlahan jika ini merupakan pengalaman pertamamu. Hindari menggerakkan tangan terlalu cepat yang dapat memicu respons defensif, seperti menggigit dan mencakar.

 

4 dari 5 halaman

Peregangan dan Memijat

Jalanan yang kasar, berbatu kerikil, dan berumput bisa jadi tempat yang sering dipilih kucing untuk meregangkan dan memijat ototnya. Jika kucing banyak menghabiskan waktu di luar ruangan yang diisi dengan aktivitas lari dan menerkam, otot-ototnya bisa mengalami kaku bahkan cedera dan butuh perhatian dan kasih sayang.

 

5 dari 5 halaman

Merawat Bulu

Ketimbang mandi air dan sabun, kucing lebih suka mandi kotoran dan debu. Berguling-guling di jalanan menjadi cara yang terkadang dianggap lebih menyenangkan bagi anabul. Meskipun tampilan bulunya jadi tampak lebih kotor, tapi cara ini cukup efektif meredakan kulit yang gatal hingga menghilangkan parasit atau kotoran yang tersangkut di bulunya. 

Punya beragam manfaat, tak perlu melarang kucing kesayanganmu berguling-guling di jalanan. Jaga kebersihannya dengan rutin menyisir dan memandikannya, sekaligus meminimalkan najis yang dapat membatalkan ibadahmu. Cermati juga pilihan makanan yang halal, seperti Muezza yang sudah mendapatkan sertifikasi dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Bebas cemas saat terkena liur kucing dan lebih leluasa membersihkan wadah makan atau memegang makanannya, cat food ini pun mengandung nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang kucing. dibuat dari bahan alami, Muezza diolah dengan teknologi modern dan melibatkan ahli nutrisi untuk menjamin formulasi yang tepat.

Terjaga sehat, Muezza memiliki 4 varian rasa seperti Salmon, Ocean Fish, Mackerel, dan Tuna. Dapatkan varian Muezza yang disukai kucing dengan memesannya di Shopee atau Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*/Zki)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.