Sukses

Bukan Hanya Kandang Kucing Lucu, Keamanannya Wajib Jadi Prioritas

Memilih kandang kucing bukan hanya lucu, tapi keamanannya pun wajib dijadikan prioritas.

Liputan6.com, Jakarta - Kandang menjadi salah satu item wajib dimiliki, terutama saat kucing sedang dalam masa pemulihan dari penyakit atau cedera hingga memperkenalkan hewan peliharaan baru di rumah. Begitu juga saat digunakan sebagai tempat berlindung anabul selama ada perbaikan atau renovasi rumah, maupun kedatangan tamu. Memilih kandang kucing bukan hanya lucu, tapi keamanannya pun wajib dijadikan prioritas.

Ruang Vertikal

 

Menurut Association of Selter Veterinarians, ruang vertikal lebih penting daripada ruang horizontal untuk kucing. Hal ini merujuk karakter anabul yang menghabiskan banyak waktu di permukaan atau bangunan yang lebih tinggi daripada lantai. Selain area yang cukup tinggi, pastikan memilih kandang dengan area yang cukup untuk meletakkan wadah makanan dan air, serta jarak yang cukup jauh dari litter box.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak Ruang untuk Beberapa Kucing

Jika memiliki kucing lebih dari 1 ekor, pertimbangkan untuk memilih kandang kucing yang menyediakan beberapa ruang dengan pembatas. Pastikan areanya cukup bagi kucing untuk berdiri, berbalik, duduk, dan berbaring. Kecuali anabul sedang dalam masa istirahat atau atas rekomendasi dokter hewan, maka geraknya harus dibatasi.

 

3 dari 3 halaman

Bahan dan Desain

Faktor lain yang bisa dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli kandang kucing adalah bahannya. Beragam jenis yang bisa dipilih, mulai dari coated steel yang kokoh dan tahan lama, alumunium yang ringan, bahkan plastik yang ringan dan melindungi kaki kucing dari terjepit atau goresan. 

Soal desainnya pun juga sebisa mungkin membuat kucing merasa nyaman dan aman. Misalnya desain alas tanpa celah yang dapat membuat hewan peliharaanmu terjepit, kandang yang mudah dibuka-lipat tanpa perlu alat khusus, hingga desain pintu yang mudah dibuka-tutup oleh pemilik kucing.

Mudah Dibersihkan

Cukup lama digunakan, kandang kucing menjadi kotor oleh berbagai noda dan kotoran, mulai dari air minum yang tumpah, urin, hingga sisa makanan yang terinjak. Mudah dibersihkan pun jadi salah satu pertimbangan utama sebelum membeli kandang. Selain tempat bertengger yang memiliki alas plastik, tak ketinggalan baki plastik di bagian bawah kandang yang mudah dicuci untuk menghilangkan noda, kotoran, dan bau tak sedap.

Selain menjaga kucing tetap sehat, kebersihan kandangnya juga harus tetap terjaga untuk menghindarkan diri dari najis. Meskipun air liur kucing sendiri tidak tergolong najis, ada baiknya memilih makanan kucing yang sudah mendapatkan sertifikasi halal, seperti Muezza.

Konsisten menggunakan bahan aman dan alami yang diolah dengan teknologi modern, cat food berkualitas ini telah mengantongi label halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Bebas bahan sintetik atau zat yang membahayakan kesehatan kucing, kamu pun tak perlu risih saat membersihkan wadah makan dan minumnya, mencari lokasi penyimpanan, atau saat terkena liurnya.

Sehat dan halal, 4 varian rasa yang ditawarkan pun bakal jadi favorit kucing kesayanganmu. Lahap makan dan terjaga sehat, berikan Muezza yang bisa dibeli secara online di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini