Sukses

Super Unik, Pedagang di Malaysia Jual Petai Per Butir bak Permen

Umumnya petai dijual per papan atau per ikat, namun pedagang ini justru menjual petai secara eceran yaitu per butir.

Liputan6.com, Jakarta - Petai menjadi salah satu tumbuhan yang memiliki aroma sangat khas. Meski bagi sebagian individu aromanya cukup mengganggu, namun bagi sebagian lagi hal itu justru menyimpan kenikmatan tersendiri.

Tak heran petai memiliki banyak penggemar terutama di Indonesia. Namun tak hanya di Tanah Air, petai juga banyak diminati orang dari berbagai belahan dunia seperti Malaysia.

Tapi berbeda dengan di Indonesia, petai di sana dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Kini harga 1 kilogram petai di Malaysia mencapai RM 60 atau setara dengan Rp 200 ribu.

Hal ini membuat seorang pedagang petai di Malaysia melakukan cara yang tak biasa untuk menjual petai. Umumnya petai dijual per papan atau per ikat, namun pedagang bernama Rob Machado ini justru menjual petai secara eceran yaitu per butir.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jual Petai Per Butir

Melansir dari World of Buzz, Selasa (10/2/2021), melalui akun Facebook-nya, Rob mempromosikan dagangannya tersebut. Rob membungkus tiap butir petai dengan plastik seperti permen.

Tujuan Rob menjual petai eceran ini agar banyak orang masih dapat menikmati makanan tersebut dengan harga yang terjangkau. Pasalnya, pandemi Covid-19 membuat banyak orang yang tak memiliki uang untuk membeli petai dengan harga mahal. 

"Banyak orang Malaysia yang tidak mampu membeli petai saya. Jadi, saya menyuruh staf saya untuk mengemasnya dalam paket kecil," kata Rob Machado.

3 dari 3 halaman

Harganya

Rob mengatakan bahwa awalnya dia akan menjual petai dalam bentuk bundel. Seratus potong pete bisa mencapai RM 190. Kini Rob tidak hanya menjual petai dalam bentuk bundel, tetapi juga satu atau dua bungkus petai. Satu butir petai seharga 30 sen dan dua biji petai dijual seharga 50 sen.

"Siapa tak punya uang untuk beli petai di musim ini? Saya ada petai ecer, dijual perbiji dibungkus satu satu. Harganya satu biji 30 sen atau setara dengan Rp 1.100. Jika beli dua biji jadi 50 sen (1800) saja," tulisnya melalui Facebook pribadinya.

Sekarang semua individu dapat membeli petai sesuai dengan anggaran yang mereka miliki. Selain menjualnya secara eceran per butir bak sebuah permen, Rob juga menawarkan jasa pengiriman dengan biaya ongkos kirim sebesar Rp 27 ribu.

Rob juga berbagi bahwa dia tidak hanya menjual petai, tetapi juga durian, stroberi, dan ubi manis cameron. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.