Sukses

5 Manfaat Menakjubkan Kacang Polong Putih, Tingkatkan Imunitas hingga Mood

Nah, penasaran apa saja manfaat kacang polong putih bagi tubuh? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Anda tentu sudah tak asing dengan kacang polong. Ya, banyak dari Anda tentu sudah sering mengkonsumsi kacang polong yang bewarna hijau. Namun, tahukah Anda kalau kacang polong juga memiliki jenis lainnya, yakni bewarna putih.

Kacang satu ini memiliki ukuran kecil dengan bentuk bulat dan bewarna putih, berbeda dengan kacang yang ukurannya lebih besar dan bewarna agak krem dan kuning atau biasa disebut kacang sukro.

Di balik ukurannya yang kecil, nyatanya kacang polong putih memiliki manfaat menakjubkan bagi tubuh. Nah, penasaran apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (8/2/2021).

1. Menurunkan Berat Badan

 

Kacang polong putih rendah lemak dan tinggi protein serta serat makanan. Saat dikonsumsi, kacang ini membantu Anda menghilangkan lemak perut dengan mengurangi nafsu makan, menjaga keseimbangan mikrobioma usus dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.   

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Menurunkan Kolesterol

Kacang polong putih menjadi salah satu sumber serat penurun kolesterol. Serat menunjukkan efek positif pada kadar kolesterol dengan menurunkan total dan kolesterol LDL dalam tubuh. 

Selain itu, kehadiran berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin B, kalium dan magnesium dalam kacang polong putih membantu meningkatkan kolesterol baik dan bermanfaat bagi jantung.

3 dari 5 halaman

3. Mencegah Sembelit

 

Makanan kaya serat baik untuk buang air besar dan bakteri usus. Mereka membantu mengosongkan tinja dan mengurangi risiko sembelit. 

Kandungan mineral, vitamin B dan protein yang baik dalam kacang putih juga membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah masalah terkait seperti perut kembung dan masalah lambung.

4 dari 5 halaman

4. Tingkatkan Mood

 

Kacang polong putih mengandung fenilalanin yang membantu meningkatkan mood dengan meningkatkan produksi dopamine dan norepinefrin.

Keduanya adalah hormone yang bertindak sebagai neurotransmitter dan membantu mengatur suasana hati, kecemasan dan perhatian melalui efek positifnya pada pembuluh darah.

5 dari 5 halaman

5. Memperkuat Tulang dan Gigi

 

Kekurangan fosfor bisa menyebabkan kesehatan tulang yang buruk dan gigi yang goyang. Kacang polong putih merupakan sumber fosfor yang sangat baik dan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, terutama pada anak-anak. 

Fosfor dalam kacang polong putih juga membantu mencegah hilangnya nafsu makan, sendi kaku, tulang rapuh dan kelemahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini