5 Manfaat Menakjubkan Kacang Polong Putih, Tingkatkan Imunitas hingga Mood

Oleh Yulia Lisnawati pada 08 Feb 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 08 Feb 2021, 19:00 WIB
Ilustrasi Kacang Polong Putih
Perbesar
Ilustrasi Kacang Polong Putih (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Anda tentu sudah tak asing dengan kacang polong. Ya, banyak dari Anda tentu sudah sering mengkonsumsi kacang polong yang bewarna hijau. Namun, tahukah Anda kalau kacang polong juga memiliki jenis lainnya, yakni bewarna putih.

Kacang satu ini memiliki ukuran kecil dengan bentuk bulat dan bewarna putih, berbeda dengan kacang yang ukurannya lebih besar dan bewarna agak krem dan kuning atau biasa disebut kacang sukro.

Di balik ukurannya yang kecil, nyatanya kacang polong putih memiliki manfaat menakjubkan bagi tubuh. Nah, penasaran apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (8/2/2021).

1. Menurunkan Berat Badan

[fimela] berat badan
Perbesar
Ilustrasi berat badan dan diet | unsplash.com/@yunmai

 

Kacang polong putih rendah lemak dan tinggi protein serta serat makanan. Saat dikonsumsi, kacang ini membantu Anda menghilangkan lemak perut dengan mengurangi nafsu makan, menjaga keseimbangan mikrobioma usus dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.   

 

2. Menurunkan Kolesterol

Dapat Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Pada Tubuh
Perbesar
Ilustrasi Pemeriksaan Kolesterol Credit: unsplash.com/Hush

Kacang polong putih menjadi salah satu sumber serat penurun kolesterol. Serat menunjukkan efek positif pada kadar kolesterol dengan menurunkan total dan kolesterol LDL dalam tubuh. 

Selain itu, kehadiran berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin B, kalium dan magnesium dalam kacang polong putih membantu meningkatkan kolesterol baik dan bermanfaat bagi jantung.

3. Mencegah Sembelit

Mengejan Terlalu Kuat Akibat Sembelit
Perbesar
Ilustrasi Mengejan dan Sembelit Saat Buang Air Besar Credit: pexels.com/Drio

 

Makanan kaya serat baik untuk buang air besar dan bakteri usus. Mereka membantu mengosongkan tinja dan mengurangi risiko sembelit. 

Kandungan mineral, vitamin B dan protein yang baik dalam kacang putih juga membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah masalah terkait seperti perut kembung dan masalah lambung.

4. Tingkatkan Mood

bahagia
Perbesar
ilustrasi perempuan bahagia/Photo by Leah Kelley from Pexels

 

Kacang polong putih mengandung fenilalanin yang membantu meningkatkan mood dengan meningkatkan produksi dopamine dan norepinefrin.

Keduanya adalah hormone yang bertindak sebagai neurotransmitter dan membantu mengatur suasana hati, kecemasan dan perhatian melalui efek positifnya pada pembuluh darah.

5. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kesehatan gigi
Perbesar
Ilustrasi Gigi dan Mulut yang Sehat Credit: pexels.com/Shiny

 

Kekurangan fosfor bisa menyebabkan kesehatan tulang yang buruk dan gigi yang goyang. Kacang polong putih merupakan sumber fosfor yang sangat baik dan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, terutama pada anak-anak. 

Fosfor dalam kacang polong putih juga membantu mencegah hilangnya nafsu makan, sendi kaku, tulang rapuh dan kelemahan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓