Sukses

Selain Dimakan, Ini Manfaat Menakjubkan Kentang Rebus

Selain dijadikan sebagai bahan olahan makanan, kentang ternyata menyimpan rahasia menakjubkan karena dapat menjadi sumber daya energi.

Liputan6.com, Jakarta - Kentang menjadi salah satu bahan makanan yang mudah ditemui, bahkan dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, kentang menjadi salah satu bahan makanan yang difavoritkan banyak individu karena bisa diolah menjadi berbagai olahan, mulai dari digoreng, direbus maupun dipanggang.

Kentang diketahui mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B6, C dan D. Juga diperkaya dengan kandungan mineral, termasuk kalium, zat besi, kalsium, fosfor dan magnesium.

Selain dijadikan sebagai bahan olahan makanan, kentang ternyata menyimpan rahasia menakjubkan karena dapat disulap menjadi sebuah baterai dengan kandungan energi yang kuat. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Sumber Daya Energi

Melansir dari Elitereaders, Minggu (7/2/2021), Profesor Haim Rabinowitch dari Fakultas Ilmu Pertanian di Universitas Ibrani Jarusalem menemukan cara untuk mengubah kentang dari sumber olahan makanan ke sumber daya energi yang lebih efektif.

Jika dua buah batang logam ditancapkan ke dalam kentang, maka akan menghasilkan energi kimia. Namun, Profesor Haim bersama tim penelitiannya melakukan uji coba lebih mendalam terhadap kentang dan terungkap jika kentang yang direbus selama delapan menit akan menghasilkan energi sepuluh kali lipat lebih besar dibanding kentang yang belum direbus.

 

3 dari 3 halaman

Bikin Hemat

Para peneliti mengungkapkan bahwa menggunakan kentang rebus sebagai sumber listrik ternyata jauh lebih hemat. Karena energi yang dihasilkan dari kentang rebus, ternyata mampu menghemat sekitar enam kali lebih murah daripada lampu minyak dan 50 kali lebih murah daripada energi yang dihasilkan oleh baterai AA standar yaitu 1,5 volt.

Dengan memanfaatkan kentang rebus, kita dapat membuat baterai kentang yang mampu menghasilkan cukup daya untuk membuat pencahayaan dari lampu LED dan energi yang dihasilkan dari kentang rebus mampu menghasilkan tenaga untuk membuat lampu LED menyala setidaknya 40 hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini