Sukses

4 Pelajaran Hidup yang Bisa Anda Dapat dari Drama Korea Sweet Home

Sweet Home mengajarkan seseorang untuk saling membantu.

Liputan6.com, Jakarta - Sweet Home adalah drama Korea adaptasi webtoon yang tayang pada bulan Desember 2020. Sweet Home menceritakan tentang keadaan Korea Selatan yang mengalami wabah monster.

Drama ini fokus menceritakan keadaan orang-orang yang tinggal di apartemen kumuh bernama Green Home. Mereka berusaha bertahan hidup dari serangan monster.

Berawal dari Cha Hyun Su (Song Kang) yang ditinggal kedua orang tua dan kakak perempuan karena kecelakaan mobil. Dengan uang yang pas-pasan, Hyun Su pindah ke apartemen Green Home.

Di sana ia berniat untuk bunuh diri, namun sebelum hari itu datang wabah monster sudah menyerang dan Hyun Su terinfeksi. Ia dan penghuni lain terjebak di apartemen itu dalam waktu yang sangat lama.

Hyun Su berusaha menjadi monster baik yang tidak menyerang penghuni apartemen. Ia juga ditugaskan untuk hal-hal yang sulit dan menyerang monster jahat. 

Tak hanya menegangkan karena monster, Sweet Home juga memberi pelajaran penting bagi kehidupan. Simak empat hal yang dapat dipelajari dari Sweet Home

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Menjadi Pemimpin yang Baik

Lee Eun Hyuk (Lee Do Hyun) berhasil menjadi pemimpin yang baik di antara penghuni apartemen Green Home. Ia mengatur semua persediaan makanan, membagi kelompok untuk berjaga, dan memberi tugas sesuai keahlian para penghuni. 

Jika jago berkelahi, berarti mendapat tugas yang lumayan sulit. Ada yang mendapat tugas sebagai pembuat peralatan tempur, hingga memasak. Lee Eun Hyuk berani mengambil keputusan untuk menyelamatkan dirinya dan para penghuni.

3 dari 5 halaman

2. Berani Mengambil Keputusan

Lee Eun Hyuk berani mengambil keputusan meskipun memiliki risiko tinggi. Saat Yoon Ji Soo (Park Gyu Young) mengalami sakit usus buntu, ia berani mengambil keputusan untuk mengoperasi Yoon Ji Soo.

Sebagai mantan mahasiswa kedokteran yang kuliahnya tidak selesai, Eun Hyuk memiliki pengetahuan yang cukup tentang penyakit dan cara mengatasinya. Dengan peralatan yang terbatas dan nihil pengalaman operasi, ia berhasil menyelamatkan nyawa Yoon Ji Soo.

4 dari 5 halaman

3. Tidak Berkhianat

Cha Hyun Su berhasil menahan dirinya untuk tidak mengkhianati sesama penghuni apartemen. Sebelumnya, ia sempat dihasut oleh Yoon Jae Choi (Kim Min Kyu) untuk menjadi monster jahat. Yoon Jae Choi adalah gengster yang menyerang penghuni apartemen.

Ia juga terinfeksi menjadi monster dan menyelamatkan Cha Hyun Su dari gengster lain. Yoon Jae Choi lalu menghasut Cha Hyun Su untuk menyerang manusia, dengan dalih Hyun Su hanya dimanfaatkan dan akan dibunuh oleh manusia.

Awalnya Hyun Su berhasil terhasut, namun setelah menyaksikan Park Yoo Ri (Go Yoon Jung) dan Pyeon Sang Wook (Lee Jin Wook) diserang oleh Yoon Jae Choi, Cha Hyun Su kembali berpihak ke penghuni apartemen. Ia tidak jadi berkhianat dan tetap melindungi penghuni apartemen.

5 dari 5 halaman

4. Saling Tolong-menolong

Kekeluargaan antarpenghuni apartemen sangat erat. Mereka bahu-membahu untuk saling menolong dalam keadaan sulit. Mereka harus bertahan hidup dan menghindari terinfeksi wabah. Jika terinfeksi, mereka berjanji untuk tidak menyerang penghuni yang lain dan membantu menyerang monster jahat.

Salah satu penghuni wanita yang memiliki toko sembako, ia merelakan semua dagangannya untuk kebutuhan bertahan hidup. Mereka bahkan mengirit makanan dan menahan untuk tidak egois. Jika ada salah satu penghuni yang diserang monster, penghuni lain turut membantu menyelamatkannya.

 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.