Sukses

Ternyata Ini Alasan Kucing Kerap Sembunyi dan Lari dari Orang Asing

Sebagai pemilik kucing perlu mengetahui beberapa hal yang memungkinkan sampai membuat kucing bersembunyi atau kabur ketika kamu panggil.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai hewan peliharaan, kucing sebenarnya relatif mudah bergaul. Namun banyak dari mereka yang suka bersembunyi di dalam kotak atau di bawah meja untuk mencari kedamaian dan ketenangan. Selain itu, ada beberapa situasi yang membuat dia merasa takut, bahkan membuatnya stress, termasuk kedatangan orang asing di rumah.

Karena kesehatan mental juga penting untuk dijaga, maka sebagai pemilik kucing perlu mengetahui beberapa hal yang memungkinkan membuat kucing takut dan stres sehingga bersembunyi. Dikutip dari AnimalWised, berikut ini beberapa alasan yang membuat kucing lari dan bersembunyi.

1. Sosialisasi

Setiap anak kucing melalui masa kritis sosialisasi, yang dimulai sekitar satu bulan kehidupan dan berakhir ketika mereka mencapai usia tiga bulan. Pada tahap ini anak kucing berhubungan dengan ibu dan saudara kandungnya, belajar berhubungan dengan kucing lain, tetapi mereka juga harus belajar bagaimana menjalin hubungan dengan manusia, dengan hewan lain dan pada akhirnya dengan segala sesuatu yang ditawarkan lingkungan kepada mereka.

Jika pada tahap ini kita lalai mengenalkannya kepada orang-orang, maka berisiko membuat kucing tidak mempercayai dan menganggap manusia sebagai bahaya.

2. Trauma

Trauma dapat menyebabkan kucing menjadi takut pada orang lain dan hal lain yang mungkin tidak terlihat terlihat oleh kita. Ketakutan kucing bisa meningkat jika tidak segera dicarikan solusi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Stres

Pindah rumah atau kedatangan bayi adalah dua perubahan besar yang bisa membuat sahabat manusia ini mengalami stres. Jika ada perubahan dalam kehidupan sehari-hari kucing kamu, periksalah untuk melihat apakah ia menunjukkan gejala stres.

4. Dua kucing

 

Jika kamu tinggal dengan dua kucing, kami sarankan Anda untuk memastikan bahwa tidak ada masalah koeksistensi antara keduanya dan keduanya memiliki sumber daya sendiri (mainan, tempat makan, air mancur untuk minum, kotak pasir ...). Anda harus khawatir jika salah satu tidak berani mendekati Anda saat yang lain hadir.

5. Penyakit

Masih ada banyak penyebab lain yang bisa menyebabkan kucing bersembunyi, penyakit atau rasa sakit bisa jadi contohnya, ada juga penyakit mental atau hormonal yang bisa jadi penyebab dari tingkah laku yang aneh.

Untuk mengetahui mengapa kucing bersembunyi, sebagai pemilik kucing kamu juga harus memperhatikan bahasa tubuh yang mereka tunjukkan setiap saat, bahkan saat tidak ada orang lain yang hadir. Itu akan membantu kita untuk benar-benar memahami seperti apa kepribadian kucing kita dan hal-hal apa yang mereka sukai, tidak suka atau takuti.

Kami juga mungkin melihat kemungkinan penyakit, adanya parasit atau ketidaknyamanan, dan tahu detail yang dapat membuat dia bersembunyi. Bisa juga menemukan bahwa kucing kamu takut akan suara gemerisik, keras dan lainnya.

3 dari 3 halaman

Kucing terus bersembunyi dan tidak mau keluar

Saat kucing kita bersembunyi, kita harus berempati dengan mereka dan memahami bahwa kita tidak boleh mengganggu mereka. Sebaliknya, kita harus menawarkan sarang sehingga mereka dapat berlindung, menurunkan tingkat stres dan memperbaiki suasana hati mereka. Tentu saja, terkadang mereka lebih suka memanjat ke dalam lemari, masuk ke laci atau bersembunyi di bawah tempat tidur.

Bersikaplah normal dan cobalah untuk tidak membuat keributan yang dapat membuat mereka takut atau terus-menerus memanggil nama mereka. Tujuannya agar kucing keluar sendiri karena merasa aman di rumah kamu.

Cara membujuk kucing agar tidak bersembunyi

Ingatlah bahwa dalam beberapa kasus bisa jadi proses yang lama, kamu harus memiliki kesabaran. Setiap kali pengunjung datang ke rumah, tinggalkan beberapa makanan tempat makan mereka, sesuatu yang tak tertahankan bagi mereka.

Jika mereka keluar dari tempat persembunyiannya saat mendekati zona aman kamu, kamu dapat menghadiahkan mereka langsung dengan makanan dan camilan kesukaannya. Berikan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi seperti Muezza yang juga mengandung Ekstrak Yucca Schidigera. Ampuh menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, Muezza juga membantu mengurangi bau kotoran kucing.

Muezza  menggunakan bahan alami terpilih yang diproses dengan teknologi modern, Muezza juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Jadi bebas cemas saat ingin memegang cat food, meletakkannya bersama bahan makanan lainnya di dalam rumah, membersihkan wadah makannya, hingga saat tak sengaja terkena liur kucing.

Punya 4 varian dengan tekstur yang cocok untuk lidah kucing. Ada beberapa pilihan bundling hemat. Mulai dari beli dua, tiga, atau empat sekaligus biar lebih hemat. Kamu juga bisa bebas pilih varian lho! Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.  

 

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Tingkatkan kebahagiaan kucing kamu dengan menjaga kesehatannya, memberi makan, bermain dengannya, dan memastikan dia tidak merasa sendirian. Ini akan membantu meningkatkan ikatan kamu, membuat mereka merasa aman saat kamu hadir.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.