Sukses

Bisa Jadi Pupuk hingga Hapus Makeup, 5 Kegunaan Susu yang Tak Banyak Orang Tahu

Berikut deretan kegunaan susu yang dapat berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang tentu pernah meminum susu. Tak hanya anak-anak, remaja hingga orang dewasa pun sering mengonsumsinya. Hal ini lantaran susu dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Rupanya tak hanya dikonsumsi, susu juga memiliki banyak manfaat lain loh. Ya, susu bisa digunakan untuk membantu pekerjaan sehari-hari hingga dapat bermanfaat untuk penampilan.

Dikutip dari Brightside, berikut deretan kegunaan susu yang tak banyak orang tahu.

1. Gunakan Susu untuk Meredakan Iritasi Mata

Menuangkan dan membilas mata dengan susu pada awalnya mungkin tampak tidak nyata, tetapi hal tersebut benar-benar dapat meredakan mata yang teriritasi.

Dua hal paling umum yang dapat menyengat mata Anda adalah cabai dan semprotan merica. Keduanya dapat menyebabkan sensasi terbakar, tetapi mencoba mencucinya dengan air justru dapat membuatnya semakin perih.

Oleh karena itu Anda dapat gunakan susu sebagai gantinya. Pertama, basuh wajah dengan susu, dengan mata tertutup. Selanjutnya, Anda bisa membilas mata dengan susu.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Gunakan Susu sebagai Pupuk

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa susu dapat digunakan sebagai pupuk. Pertama, ini membantu pertumbuhan tanaman. Selanjutnya, susu juga dapat mencegah kekurangan kalsium dan kerusakan pada tanaman.

Caranya cukup tuangkan susu di sekitar tanaman agar akarnya perlahan menyerap atau letakkan botol berisi susu secara terbalik di tanah.

Namun, ingatlah bahwa Anda tidak boleh mencampurkan susu dengan pupuk lain. Jika bahan kimia tersebut bercampur dengan susu, itu justru dapat menangkal manfaat susu.

3 dari 5 halaman

3. Meluruskan Rambut Secara Alami

Menggunakan susu pada rambut Anda tidak hanya akan membantunya tumbuh dan membuatnya berkilau serta lebih kuat, tetapi juga membantu meluruskannya.

Anda hanya membutuhkan sisir, botol, dan 1/3 cangkir susu. Setelah Anda mengisi botol, mulailah menyemprot, memijat, dan menyisir rambut Anda.

Beri waktu pada rambut Anda untuk menyerap susu lalu bilas agar tidak berbau nantinya. Ini bisa membantu meluruskan rambut bergelombang, tetapi tidak bisa membantu Anda meluruskan rambut keriting.

4 dari 5 halaman

4. Dapat Dijadikan sebagai Campuran Cat

Susu rupanya dapat berfungsi sebagai pengikat pigmen pada warna cat. Faktanya, cat dengan campuran susu ini telah digunakan pada zaman Mesir kuno. Bahan lain yang Anda butuhkan untuk membuat cat jenis ini adalah lemon, saringan, kain katun tipis, dan cat akrilik. Pastikan Anda mengaplikasikannya dengan cepat agar tidak rusak. Bau asam dari dinding akan hilang setelah mengering.

5 dari 5 halaman

5. Gunakan Susu untuk Hapus Makeup

Susu tidak hanya baik untuk rambut, tapi juga untuk kulit. Jadi, daripada menggunakan produk kimia untuk menghilangkan riasan, gunakanlah susu. Oleskan sedikit susu ke wajah Anda lalu bersihkan dengan kapas atau waslap. Manfaat tambahannya adalah protein dan lemak dalam susu dapat membantu kulit Anda tetap terhidrasi dengan membantunya mempertahankan kelembapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.