Sukses

Sering Rontok, Hindari 3 Kebiasaan Perawatan Rambut Ini

Beberapa hal keliru saat merawat rambut ini justru membuat semakin rontok.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rambut sehat dan bersinar tentu menjadi impian setiap orang. Karenanya rambut harus dirawat dari akar hingga ke ujung agar mendapatkan rambut terbaik Anda.

Sayangnya, ada saja hal-hal keliru yang dilakukan saat melakukan perawatan rambut sehingga menyebabkan rambut semakin menipis dan rusak. Rambut tipis di kepala tentu dapat mengurangi rasa percaya diri karena terlihat kurang menarik.

Anda perlu melakukan perawatan rambut dengan benar agar rambut semakin lebat, bervolume, dan mengembang. Nah, penasaran apa saja kesalahan yang sebaiknya dihindari agar rambut tidak lagi rontok dan tipis? Berikut ulasannya dirangkum Liputan6.com dari shefinds, Kamis (4/2/2021).

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gaya berlebihan dan terlalu panas

Menata rambut agar tetap rapi memang hal yang penting, tetapi menggunakan catokan terlalu berlebihan juga dapat membuat rambut kering bahkan rontok. Penata rambut Eddie Cook menjelaskan bahwa kondisi tersebut adalah salah satu penyebab rambut rontok yang paling umum.

Sebagian besar kerusakan pada rambut terjadi akibat panas yang dihasilkan saat mencatok. Selain itu, penggunaan panas dan bahan kimia untuk meluruskan rambut memberikan dampak buruk dan merusak rambut hingga ke akar-akarnya.

Dalam jangka waktu yang panjang, Anda akan mengalami kebotakan dini. Sebaiknya, hindari mencatok rambut setiap hari untuk menjaga rambut tetap sehat.

 

 

3 dari 4 halaman

2. Menyisir rambut saat basah

Menyisir rambut dalam keadaan basah mungkin akan terasa lebih mudah. Namun, kebiasaan tersebut dapat membuat rambut semakin rontok, lho.

Sebaiknya, Anda menyisir rambut saat sudah kering atau setengah kering usai mengaplikasikan vitamin. Anda juga dapat menggunakan sisir dengan bulu yang halus atau kecil untuk mengurangi rambut rontok.

 

 

4 dari 4 halaman

3. Mewarnai rambut

Rambut rontok bisa dialami oleh siapa saja, termasuk Anda yang gemar berganti warna rambut. Pewarnaan rambut atau bleaching rambut bisa menimbulkan rambut rontok. Hal ini karena kandungan bahan kimia pada produk cat yang Anda pakai.

Proses oksidasi yang terjadi saat terurainya warna pigmen di batang rambut menyebabkan struktur protein pada rambut jadi rusak. Semakin sering Anda melakukan bleaching, kelembapan rambut akan semakin berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.