Sukses

Kucing Makan Terlalu Cepat, Saatnya Menghentikan Kebiasaan Ini

Seekor kucing bisa saja memiliki kebiasaan makan super cepat karena beberapa alasan.

Liputan6.com, Jakarta Pemilik kucing tentu senang saat melihat hewan peliharaannya makan dengan sangat lahap. Sayangnya, kebiasaannya makan terlalu cepat sering diikuti dengan memuntahkan makanannya, bahkan gangguan kesehatan seperti kelebihan berat badan. Untungnya, ada beberapa solusi yang bisa dicoba untuk membantunya memiliki sesi makan yang aman dan menyenangkan.

Pemicu Kebiasaan Makan Terlalu Cepat

 

Seekor kucing bisa saja memiliki kebiasaan makan super cepat karena beberapa alasan. Penting untuk memahami pemicunya demi mendapatkan solusi yang efektif. Salah satunya, dorongan rasa lapar yang disebabkan oleh jadwal makan yang tidak teratur atau bersaing dengan hewan peliharaan lainnya.

Selain itu, masa lalunya sebagai hewan terlantar atau kucing liar yang sulit mendapatkan makanan juga bisa membuatnya makan terlalu cepat. Begitu juga rasa bosan yang dialami oleh anabul terkurung terlalu lama dalam ruangan, tanpa aktivitas yang menstimulasi mental maupun fisiknya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsisten Tentukan Jadwal Makan

Bantu kucing memperlambat kebiasaan makannya dengan menerapkan jadwal yang teratur. Pilih jam makan yang sama setiap harinya, untuk mengurangi kecenderungannya mengambil apa pun yang ada di depannya secepat mungkin.

 

3 dari 4 halaman

Berikan Tantangan

Di alam liar, kucing berburu untuk mendapatkan makanannya. Berikan stimulasi untuk mencegah hewan peliharaanmu bosan dengan mencoba berbagai tantangan. 

Mulai dari memasukkan cat food ke dalam mainan interaktif atau menebarkan makanannya di beberapa area yang membuat kucing harus berpindah tempat. Bisa juga menambahkan rintangan ke wadah makannya seperti bola pingpong atau batu. Tapi pastikan saja ukurannya tidak terlalu kecil, untuk mencegah kucing tak sengaja menelannya.

 

4 dari 4 halaman

Makan di Ruang terpisah

Jika memiliki lebih dari 1 hewan peliharaan, sebaiknya beri makan di ruang terpisah. Cara ini ampuh untuk mencegah kebiasaan makan yang terlalu cepat atau kompulsif, terutama jika teman berbulu ini dikenal sering mencuri makanan dari mangkuk lain.

Kebiasaan kucing yang makan terlalu cepat bisa dipicu oleh sejumlah alasan, mulai dari kebosanan, cemas, hingga rasa lapar. Temukan solusi yang tepat dan jangan lupa untuk selalu memberinya makanan terbaik seperti Muezza. Mengandung nutrisi yang sehat dan lengkap, cat food berkualitas ini diolah dengan teknologi modern untuk menjamin kadarnya tetap seimbang.

 

Dibuat dari bahan aman, alami, dan halal, Muezza pun bebas dari bahan sintetik yang berbahaya bagi kesehatan kucing. Sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, bukan hanya kucing jadi lebih sehat tapi juga bikin pemiliknya lebih tenang. 

Selain tak perlu cemas saat terkena liurnya, juga bisa lebih optimal merawat hewan peliharaan seperti mencuci wadah makan, mencari tempat penyimpanan, hingga membawanya bepergian. Tersedia dalam 4 varian rasa, berikan Muezza untuk penuhi kebutuhan nutrisi kucing kesayangan. Pesan sekarang juga secara online di Shopee maupun Tokopedia!

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*/Zki)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.