Sukses

5 Kesalahan yang Kerap Orang Lakukan dalam Menjaga Kebersihan Tubuh

Berikut deretan kesalahan yang kerap orang lakukan dalam menjaga kebersihan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Kebersihan tubuh memiliki peranan penting untuk menjaganya tetap sehat. Dengan menjaga kebersihan, tubuh pun akan terhindar dari berbagai penyakit. Tak heran banyak orang yang melakukan berbagai hal untuk menjaga kebersihan tubuh.

 

Tak hanya mandi, ada beberapa kebiasaan lain yang sering dilakukan banyak orang dalam menjaga kebersihan tubuh. Namun rupanya tak sedikit yang melakukan kebiasaan yang salah. Ya, alih-alih membuat tubuh bersih dan sehat kebiasaan tersebut rupanya tak memberikan manfaat.

Dikutip dari Brightside, berikut deretan kesalahan yang kerap orang lakukan dalam menjaga kebersihan tubuh.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Berkumur Usai Menyikat Gigi

Usai menyikat gigi berkumur dengan air menjadi hal yang dilakukan oleh banyak orang. Namun nyatanya dokter gigi mengatakan bahwa jauh lebih baik bagi gigi jika kita hanya meludahkan pasta gigi setelah menyikatnya.  

Hal ini untuk mempertahankan bahan terbaik pasta gigi yaitu fluorida. Dengan berkumur menggunakan  air akan mengurangi efek pencegahannya dan membuat kita lebih rentan terhadap kerusakan gigi.

 

3 dari 6 halaman

2. Menyimpan Handuk di Kamar Mandi

Handuk bisa sangat mudah terkontaminasi kuman dan bakteri di kamar mandi. Misalnya, menyiram toilet dengan tutupnya terbuka, menyemprotkan aerosol, dan kelembapan secara keseluruhan dapat membantu bakteri menetap di handuk yang mungkin tampak segar dan lembut. Itu mengapa Anda disarankan untuk menyimpan handuk di luar kamar mandi, jika tidak, Anda mungkin akan sakit.

4 dari 6 halaman

3. Menyabut Bulu Hidung

Banyak orang yang secara sengaja menyabut bulu hidung mereka. Padahal sama sekali tidak ada manfaat kesehatan untuk melakukannya. Ya, menyabut bulu hidung justru hanya akan memberikan masalah buruk.

Bulu hidung bermanfaat untuk menyaring debu dan alergen lain memasuki paru-paru Anda, jadi biarkan rambut hidung tumbuh adalah hal yang baik. Jika merasa terganggu, Anda bisa memotongnya di bagian permukaan.

5 dari 6 halaman

4. Mencuci Tangan dengan Air Hangat

Apakah Anda lebih memilih untuk mencuci tangan menggunakan air hangat? Jika Anda berpikir air hangat akan lebih efektif membunuh kuman, hal tersebut salah besar. Tidak ada perbedaan antara suhu tinggi dan rendah dari keran.

Air Anda harus bersuhu sekitar 100 ° C agar berbahaya bagi bakteri. Selain itu, air hangat dapat merusak kulit sehingga dapat menyebabkan tangan kering. Cucilah tangan di air dingin untuk jangka waktu yang lebih lama dan menggunakan sabun, bukan di air yang lebih panas.

 

6 dari 6 halaman

5. Langsung Memakai Deodoran Setelah Mandi

Banyak dari kita yang langsung memakai deodoran setelah mandi untuk mencegah keringat. Tetapi sebenarnya kita melakukan tindakan yang merugikan. Deodoran tidak akan berfungsi dengan baik, kecuali kulit Anda benar-benar kering. Tunggulah beberapa saat setelah mandi hingga kulit benar-benar kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.