Sukses

Studi: Minum Kopi 3 Cangkir per Hari Bisa Perpanjang Usiamu

Penelitian terbaru menunjukkan konsumsi kopi dalam jumlah sedang setiap hari dapat perpanjang usia

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa orang yang tak bisa memulai hari mereka tanpa secangkir kopi. Meski ada beberapa penelitian yang mengkaji tentang efek merugikan yang dapat ditimbulkan dari minum kopi berlebihan, penelitian baru menunjukkan bahwa minuman tersebut memiliki beberapa manfaat utama.

Faktanya, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi kopi dalam jumlah sedang setiap hari. Dengan rutin mengonsumsi kopi dalam jumlah sedang, Anda akan memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penelitian di Italia

Selama delapan tahun, peneliti Italia mengamati asupan kopi 20.000 orang. Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition tersebut diikuti oleh lebih dari 20.000 orang di Italia yang berusia antara 35-94 tahun.

Selama delapan tahun, asupan kopi mereka dipantau. Tak seorang pun yang terlibat menderita penyakit kardiovaskular dan kanker sebelum mengambil bagian dalam penelitian ini.

 

3 dari 5 halaman

Temuan mereka

Para peneliti menemukan bahwa berbeda dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali, peserta yang mengonsumsi kopi dalam jumlah moderat (3-4 cangkir per hari) dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari semua penyebab penyakit dan khususnya kematian akibat penyakit kardiovaskular.

 

4 dari 5 halaman

Studi lainnya

Studi lainnya yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition pada Juli 2020 mengamati bahwa di antara lansia di Spanyol, mereka yang berhenti minum kopi setelah konsumsi normal seumur hidup mencatat penurunan kesehatan.

Namun, tidak jelas dalam kasus tersebut apakah peserta pernah mengalami penyakit karena mengurangi konsumsi kopi atau tidak meminumnya karena sakit.

Selain itu, penelitian menemukan bahwa minum lebih banyak kopi dikaitkan dengan risiko sirosis, penyakit jantung, dan diabetes yang lebih rendah.

 

5 dari 5 halaman

Jenis kopi yang baik diminum setiap hari

Salah satu faktor penting yang perlu diingat adalah bahwa sementara penelitian ini melacak pasien yang mengonsumsi 3-4 cangkir kopi per hari, mereka melakukannya dengan gaya Italia: asupan kopi distandarisasi dengan ukuran cangkir espresso Italia 30 ml. Ini adalah volume normal dari satu espresso, bukan double.

Jadi, jika Anda ingin mendapat manfaat dari konsumsi kopi, tinggalkan kebiasaan mengonsumsi kopi dengan gelas besar dan penuh gula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.