Sukses

3 Cara Hentikan Kebiasaan Kucing yang Sering Mengigit Kaki Anda

Jika kucing sering menggigit kaki Anda, cara ini bisa Anda terapkan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kebiasaan unik yang sering dilakukan kucing yaitu menggigit kaki pemiliknya. Kebiasaannya itu sering kali diartikan sebagai cara berkomunikasi dengan pemiliknya. Kucing akan memberitahu pemiliknya jika ia merasa kesakitan atau mengalami cedera.

Meskipun pemiliknya sedang tertidur, kucing akan tetap menggigit kaki pemiliknya jika merasa tidak nyaman dan aman. Namun, jika kucing Anda mengigit hingga kaki Anda cedera parah, tandanya ia memang agresif.

Perilaku agresif tersebut bisa disebabkan oleh perasaan stres yang sedang dialaminya. Tak hanya itu, lingkungan tempat tinggalnya juga bisa menjadi faktor penyebab kucing senang menggigit kaki pemiliknya. Solusinya dapat dibawa ke dokter hewan untuk diagnosa lebih dalam.

Tetapi, jika tidak memiliki dana yang cukup Anda bisa melakukan berbagai cara untuk menghentikan kebiasaan buruk kucing tersebut. Seperti dirangkum dari Bright Side di bawah ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Berikan Ruang Bermain

Sebagai pemilik, Anda harus menyiapkan ruang bermain khusus untuk kucing peliharaan. Anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang aman dan disusun menjadi rak tinggi atau seperti terowongan pendek.

Anda juga bisa membuat tempat persembunyian dan tempat tidur yang nyaman. Cara tersebut dapat membuat kucing berhenti menggigit kaki karena merasa bosan. Tempat bermain itu juga membuat kucing seperti sedang menjelajahi suatu tempat. Sehingga tidak perlu khawatir jika ditinggal pergi keluar.

3 dari 4 halaman

2. Bermain Bersama

Luangkan waktu untuk bermain bersama kucing Anda. Kucing juga membutuhkan perhatian dari pemiliknya. Ia ingin merasakan bermain dengan pemiliknya untuk menghindari rasa bosan dan stres. 

Anda juga bisa mengajaknya berkeliling rumah atau jalan-jalan di luar rumah. Jika tidak ada waktu kosong, setidaknya Anda menyapa kucing sebelum pergi dan setelah sampai rumah. Berikan kucing Anda belaian dan makanan tepat waktu. Hal ini akan membuat kucing merasa diperhatikan dan disayang.

4 dari 4 halaman

3. Adopsi Kucing

Salah satu cara lain yaitu dengan mengadopsi kucing lagi. Cara tersebut dilakukan untuk memberi kucing Anda teman baru. Sehingga kucing itu tidak merasa kesepian karena selalu bermain sendirian.

Sebelum mengadopsi kucing baru, pastikan kucing Anda senang bermain dengan kucing lain dan memiliki karakter yang ramah. Hal ini untuk menghindari pertengkaran antara mereka. Pastikan juga Anda mampu memelihara dua kucing atau lebih. Sebab mengadopsi kucing lebih dari satu memiliki tanggung jawab yang lebih besar.

 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.