Sukses

4 Alasan Mengapa Kucing Suka Menggigit Kaki Pemiliknya

Kucing memiliki berbagai kebiasaan unik, salah satunya suka menggigit kaki pemiliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan lucu yang paling banyak disukai individu. Kucing selalu memiliki kebiasaan unik yang terkadang bikin pemiliknya jengkel hingga makin sayang. Salah satu kebiasaan unik itu yakni sering menggigit kaki pemiliknya.

Masih banyak yang belum paham alasan kucing sering kali melakukan hal tersebut. Namun, sebagian individu menganggap bahwa kucing hanya ingin bermain dengan pemiliknya. Ada juga yang menganggap kucing itu sedang menunjukkan ekspresi marah.

Mungkin pendapat tersebut benar, kucing terkadang merasa bosan dan ingin diajak bermain. Itu juga menjadi salah satu cara kucing agar bisa berkomunikasi dengan pemiliknya.

Nah, penasaran apa saja alasan kucing suka menggigit kaki pemiliknya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Selasa (2/2/2021).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Merasa Bosan

Salah satu alasan yang membuat kucing sering menggigit kaki pemiliknya, karena mereka merasa bosan.

Kucing memiliki insting berburu, lalu secara alami ia selalu ingin menangkap sesuatu yang bergerak dari pandangannya. Jadi jika ia melihat kaki, insting berburunya akan keluar.

Hal itu membuat kucing mengejar kaki pemiliknya dan menggigitnya. Dengan cara tersebut, ia akan menghilangkan rasa bosannya. Pada saat itu juga pemiliknya akan memperhatikan kucing itu dan meresponsnya dengan mengajak bermain.

3 dari 4 halaman

2. Merasa Sakit atau Tidak Nyaman

Menggigit kaki pemiliknya dianggap kucing sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi. Jika kaki Anda digigit saat sedang beristirahat atau tidur, cobalah untuk periksa kesehatan kucing Anda. Apakah kucing itu merasa sakit atau ada cedera. 

Jika tidak, mungkin ia merasa tidak nyaman dan aman dengan tempat tidurnya. Kucing menyuruh Anda untuk memeriksanya. Dengan cara menggigit kaki pemiliknya, kucing akan mendapat perhatian dan bantuan yang sedang dibutuhkan. Pastikan Anda selalu peka dengan kondisi hewan peliharaan.

4 dari 4 halaman

3. Memiliki Perilaku Agresif

Salah satu alasan kucing suka menggigit kaki karena memiliki perilaku yang agresif. Perilaku agresif pada kucing bisa disebabkan karena masalah sosialisasi yang mereka alami sejak kecil.

Lingkungan tinggal mereka juga menjadi penyebab kucing tersebut merasa stres hingga bersikap agresif.

Jadi menggigit kaki adalah bentuk pertahanan diri kucing. Jika kucing Anda sering menyerang dengan menggigit kaki, disarankan untuk dibawa ke dokter hewan. Hal itu akan diidentifikasi oleh dokter mengenai penyebab kucing Anda sangat agresif. Cara tersebut dilakukan untuk kebaikan bersama agar kucing dapat berdamai dengan lingkungan tempat tinggalnya. 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.