Sukses

5 Jenis Pelukan yang Punya Makna Berbeda, Mana Favorit Anda?

Ternyata setiap bentuk pelukan memiliki makna yang berbeda, lho.

Liputan6.com, Jakarta - Pelukan menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan diri dan perasaan. Di Indonesia, pelukan bukanlah cara untuk mengekspresikan diri atau berkomunikasi yang umum karena hanya dapat dilakukan oleh orang terdekat saja.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda akan memeluk teman dan pasangan dengan cara yang sama, bukan?

Bentuk pelukan terbagi menjadi beberapa macam. Setiap tipenya mengungkapkan hubungan Anda dengan orang yang Anda peluk. Nah, penasaran apa saja jenis-jenis pelukan beserta maknanya? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/1/2021).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pelukan dari Samping

Pelukan samping adalah ketika dua pihak saling berpelukan dengan tangan melingkar pinggang atau bahu lawan bicaranya. Biasanya mereka berdiri berdampingan, yang satu menggunakan lengan kiri dan yang lainnya menggunakan tangan kanan.

Pelukan samping ini lebih sering terjadi pada seorang kenalan daripada teman. Hal ini karena mereka lebih mudah didekati dan cocok untuk orang yang tak terlalu dekat. Pelukan samping menggambarkan seperti sebuah penyemangat. 

3 dari 6 halaman

2. Pelukan Teman

Pelukan teman merupakan pelukan biasa dengan dua tangan di mana dada kedua orang saling bersentuhan. Namun, mereka juga akan menjauhkan pinggul satu sama lain.

Pelukan ini bermakna bahwa jarak antara kedua panggul memberikan ruang ekstra sehingga tak disalahartikan sebagai sesuatu yang romantis. Umumnya pelukan ini berlangsung cepat, kecuali jika Anda sudah lama tidak bertemu.

4 dari 6 halaman

3. Pelukan dari Belakang

Pelukan tipe ini bisa saja menggambarkan keromantisan atau hubungan orangtua dengan anak. Dalam suasana romantis, biasanya satu orang akan berdiri di belakang yang lain dengan menyentuhnya erat dan melingkarkan tangannya di dada.

Sementara dalam hubungan orangtua dan anak, orangtua biasanya akan jongkok dan melingkarkan tangan pada anaknya dari belakang. Kemudian orangtua dengan lembut akan mengayunkan anak ke kanan dan ke kiri.

Pelukan tipe ini biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki hubungan terikat. Pasalnya, mereka bisa tetap dekat secara fisik sambil melihat pemandangan yang sama. Bagi orangtua, pelukan semacam ini menjadi cara untuk mengungkapkan "Saya mendukung Anda."

 

5 dari 6 halaman

4. Memeluk Pinggang

Pinggang kedua pasangan benar-benar sejajar dan lengan mereka melingkari pinggang satu sama lain. Dalam posisi ini mereka bisa bersandar atau saling menatap.

Pelukan dengan pose ini menunjukkan sebuah keromantisan yang intim. Terdapat celah bagi seseorang untuk melakukan langkah selanjutnya. Misalnya berciuman atau membawa ke dunia seksual.

 

6 dari 6 halaman

5. Pelukan Beruang

Pelukan tipe ini paling sering dilakukan saat berdiri. Pose ini seperti pelukan normal, tetapi lebih dekat, lebih erat, dan biasanya lebih lama.

Pelukan ini juga bisa dilakukan sambil berbaring atau biasa disebut sebagai "selimut cinta." Pelukan beruang akan mengingatkan kita pada saat di dalam kandungan, saat kita merasa hangat dan aman.

Hal ini juga membantu mengaktifkan sistem saraf parasimpatik yang membuat kita keluar dari mode perkelahian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.