Sukses

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Ditiru dari Drama Korea My Mister

Banyak pelajaran yang bisa diambil dari drama Korea My Mister, bahkan bisa diterapkan dalam kehidupan nyata.

Liputan6.com, Jakarta - My Mister adalah drama Korea yang dibintangi oleh IU (Lee Ji An), Lee Sun Kyung (Park Dong Hoon), Jang Ki Yong (Lee Kwang Il) dan Kim Yeong Min (Do Joon Yo). Drama ini telah tayang pada tahun 2018 dengan 16 episode dan mendapat banyak respons positif.

Drama tentang kehidupan ini menceritakan tentang kehidupan Lee Ji An dan Park Dong Hoon dengan masalah hidupnya masing-masing. Lee Ji An hanya tinggal berdua dengan neneknya yang sedang sakit. Ia harus merawat neneknya sambil bekerja untuk membayar hutang keluarganya.

Sementara Park Dong Hoon adalah seorang insinyur di perusahaan arsitek. Ia berasal dari keluarga sederhana dan anak kedua dari tiga bersaudara. Ia juga telah menikah sejak lama dengan Lee Ji Ah. 

Lee Ji An bekerja di kantor yang sama dengan Park Dong Hoon sebagai pekerja paruh waktu. Namun, keduanya tidak saling mengenal dekat. Hingga akhirnya mereka menjadi dekat karena suatu masalah.

My Mister menyuguhkan berbagai masalah kehidupan yang sering terjadi dalam dunia nyata. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari drama Korea satu ini, bahkan bisa diterapkan dalam kehidupan nyata. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jangan Mengambil Hak yang Bukan Milik Kita

Dalam drama ini, Park Dong Hoon mendapat kiriman amplop berisi uang puluhan juta. Namun, ia tidak tahu siapa yang pengirimnya. Amplop tersebut ternyata ulah rekan kantornya, Do Joon Yo, untuk menjebak Park Dong Hoon agar mengundurkan diri.

Namun, cara tersebut gagal karena Park Dong Hoon tidak mengambil satu lembar pun uang tersebut. Hingga akhirnya ia tahu bahwa itu adalah ulah Do Joon Yo karena ingin merebut istrinya. Hal itu membuat Park Dong Hoon naik jabatan menggantikan Do Joon Yo yang keluar.

Sikap Park Dong Hoon dapat menjadi contoh bagi kita semua, agar tidak mengambil hak yang bukan milik kita. Dengan melakukan kebaikan seperti itu, suatu saat kita akan mendapat hal baik yang lebih besar. 

3 dari 6 halaman

2. Jangan Berselingkuh dan Membohongi Pasangan

Kang Yoon He, istri Park Dong Hoon ternyata berselingkuh dengan Do Joon Yo. Ia telah berselingkuh dalam waktu yang lumayan lama. Namun, Park Dong Hoon tidak mengetahui hal itu. Hingga akhirnya Park Dong Hoon mencari tahu hal tersebut dan membuat ia dan istri bertengkar hebat.

Dari kejadian itu, hal yang dapat dipelajari adalah jangan mencoba berselingkuh dan berbohong dalam hubungan. Sebab, suatu saat pasangan akan mengetahuinya dan kejadian itu membuat hubungan retak. Hal yang tersisa hanyalah sebuah penyesalan.

4 dari 6 halaman

3. Hindari Jatuh Cinta dengan Orang yang Sudah Menikah

Dalam drama ini, Lee Ji An menyukai Park Dong Hoon karena sikap dan perilakunya yang hangat, peduli, dewasa, dan baik hati. Ia baru menyadarinya saat dekat dengan Park Dong Hoon. Namun, Lee Ji An sadar bahwa Park Dong Hoon tidak mungkin menyukainya karena sudah menikah.

Pelajaran yang dapat dicontoh untuk kehidupan nyata, yaitu jangan jatuh cinta dengan seseorang yang sudah menikah. Selain untuk menghindari diri dari perusak hubungan orang, hal tersebut hanya dapat membuat hati terluka.

Sampai akhirnya harus menyerah dengan keadaan. Meskipun perasaan cinta tidak dapat diatur, tetapi sebisa mungkin harus menghindari kejadian itu.

5 dari 6 halaman

4. Kerja Keras

Memiliki sifat pekerja keras adalah salah satu hal penting yang harus ditanam dalam kehidupan. Sifat kerja keras dapat menunjukkan bahwa seseorang telah dewasa dalam sifat dan bertanggung jawab.

Selain itu, hindari perasaan malu jika tidak mendapat pekerjaan yang masih dianggap sebelah mata oleh orang lain. Yang paling penting, pekerjaan itu tidak merugikan orang lain dan bukan pekerjaan negatif.

Seperti dalam drama My Mister, Park Dong Hoon bekerja keras sampai akhirnya naik jabatan, Lee Ji An mendapat pekerjaan tetap, Park Sang Hoon dan Park Ki Hoon mendapat pekerjaan setelah lama menganggur.

6 dari 6 halaman

5. Jangan Menilai Orang Sebelah Mata

Dalam kehidupan, biasakan untuk tidak menilai orang lain dengan sebelah mata. Hindari juga menghakimi orang lain sebelum kenal lebih dekat dan tahu latar belakang hidupnya. Sebab, apa yang kita pikirkan tentang orang lain belum tentu benar.

Seperti dalam drama My Mister. Lee Ji An memiliki sikap dingin dan tidak sopan dengan rekan kerjanya. Hal itu membuatnya dipandang sebelah mata dan dicap buruk. Padahal, ia bersikap seperti itu karena terlalu sibuk dengan masalah hidupnya. Jika kenal lebih dekat, Lee Ji An adalah orang yang baik hati dan berhati rapuh. 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • IU adalah aktris dan penyanyi asal Korea Selatan yang memulai debutnya di tahun 2008.

    IU

  • Drama korea atau sering disingkat drakor di Indonesia, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.

    drama Korea

  • Drakor adalah singkatan dari drama korea, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.

    drakor

  • My Mister