Sukses

Viral, Aksi Warga Antar Seserahan Pernikahan bak Evakuasi Barang Saat Banjir

Video yang menunjukkan sekelompok orang membawa perabotan rumah untuk seserahan pernikahan layaknya tengah mengevakuasi barang-barang saat terjadi banjir menjadi perbincangan viral.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang menunjukkan sekelompok orang membawa perabotan rumah untuk seserahan pernikahan layaknya tengah mengevakuasi barang-barang di rumah saat bencana banjir menjadi perbincangan viral di TikTok.

Sebelum melangsungkan pernikahan, biasanya calon mempelai laki-laki dan perempuan menjalani serangkaian tradisi, seperti adat Jawa melangsungkan seserahan dan siraman.

Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan masing-masing dalam menjalankan sebuah tradisi yang kaya akan filosofi dan tentunya juga doa bagi calon pengantin agar segala persiapan berjalan dengan lancar.  

Meskipun sudah terkikis pengaruh budaya modern, tetapi masih ada segelintir individu yang mempertahankan hingga saat ini. Seperti yang terlihat dalam video viral beberapa waktu lalu melalui akun TikTok @bezhotdriverliar01.

Saking banyaknya perabotan rumah yang dibawa, warganet sempat salah mengira bahwa rombongan itu adalah korban bencana. Mengingat, Indonesia tengah banyak dilanda bencana. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Banyak seserahan yang dibawa

Dikarenakan jalanan tak bisa dilewati kendaraan roda empat, mereka terpaksa turun dari mobil dan mengangkat segala perabotan rumah ke kediaman keluarga wanita.

Jalanan landai yang ditempuh membuat bapak-bapak yang menggotong perabotan perlu ekstra hati-hati agar tidak tergelincir.

Sementara para wanita juga ikut membawakan seserahan yang mudah dibawa menggunakan tangan dan dipikul di atas kepala.

Gotong royong mereka pun semakin menambah euforia rangkaian prosesi seserahan yang ditempuh penuh perjuangan tersebut.

3 dari 5 halaman

Tingkah hansip jadi perhatian

Saking banyaknya rombongan saudara yang nyaris sekampung, membuat hansip yang bertugas kala itu kebingungan sehingga dia hanya sebatas mengarahkan tanpa mengatur jadi barisan.

4 dari 5 halaman

Momen pihak mempelai laki-laki mengantar seserahan

@bezhotdriverliar01

 

♬ Mawar Bodas - Dety Kurnia
5 dari 5 halaman

Respons Warganet

Unggahan tersebut sontak mengundang perhatian warganet. Pasalnya, barang seserahan yang dibawa cukup banyak, bahkan ada kasur yang dipikul.

"Aku kira ada bencana, terus itu wargaa bawa-bawa peralatan rumah segala, ehh ternyata  cumaa lagi sesarahann doang toh," tulis akun @dewi_p.

"Waduuh seserahanya banyak bener tapi kok aku lihat rumahnya ko gak dibawa juga ya buat seserahan biar seruuu," ungkap @ambar.

"Semakin banyak yang dibawa semakin tenar sekampung itu menurut di daerahnya," balas akun @Irma Aura Berlian.

"Kirain ada banjir kok bawa kasur segala teryata kerumah mempelai," tambah akun @Sulis Setyo

"Enakan jadi pak hansip. tinggal mandorin doang," ujar akun @Bang oke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.