Sukses

6 Produk Perawatan Kulit Populer Ini Ternyata Bahaya Bagi Kulitmu

Siapa sangka, beberapa produk perawatan kulit yang biasa Anda gunakan ternyata malah berbahaya bagi kulit.

Liputan6.com, Jakarta Orang Mesir kuno menggunakan pasta yang terbuat dari tembaga teroksidasi untuk riasan mata. Bahan berbahaya ini pada akhirnya akan menyebabkan iritasi dan insomnia, tetapi mereka siap menderita atas nama kecantikan.

Dan meskipun industri kosmetik telah berubah drastis selama bertahun-tahun, beberapa produk dalam tas makeup Anda tanpa disadari dapat berbahaya bagi kesehatan. Melansir dari Bright Side, berikut ini produk perawatan kulit populer yang lebih berbahaya bagi kesehatan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Lulur wajah dengan partikel kasar

Eksfoliasi secara teratur (harian atau mingguan) dapat merusak kulit Anda. Scrub abrasif menghilangkan lapisan luar kulit dan merusak pelindung yang melindunginya dari lingkungan.

Setelah pengelupasan, kulit Anda mungkin untuk sementara waktu terasa bebas minyak, tetapi nantinya akan menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengimbangi kekeringan.

 

3 dari 7 halaman

2. Beberapa perawatan jerawat

Perawatan jerawat topikal dapat membuat kulit Anda terasa kering dan teriritasi. Meskipun gejala ini sering kali bersifat sementara, kulit Anda mungkin masih terasa gatal, dan bahkan mengelupas atau terbakar.

Beberapa obat jerawat oral dapat memiliki efek samping yang lebih serius. Antibiotik, misalnya, bisa membuat Anda sakit perut atau pusing.

 

4 dari 7 halaman

3. Sikat kering

Menyikat bagian siku, lutut, dan tumit yang kering mungkin bagus untuk pengelupasan kulit, tetapi tidak untuk semua orang. Ini dapat mengiritasi kulit sensitif atau membuatnya terasa terlalu kering.

Orang dengan kulit yang meradang, termasuk penderita eksim dan psoriasis, harus menghindari menyikat kering karena dapat menyebabkan infeksi.

 

5 dari 7 halaman

4. Tisu alkohol

Menyeka wajah dengan tisu alkohol mungkin terasa seperti membersihkan karena membuat kulit terasa lembab. Namun pada kenyataannya, ini menghilangkan minyak yang sangat dibutuhkan kulit Anda, memicu produksi sebum, dan sebenarnya membuat jerawat Anda semakin parah.

 

6 dari 7 halaman

5. Eksfoliasi kimiawi

Jika Anda menggunakan bahan pengelupas kimia lebih dari sekali seminggu, Anda dapat merusak lapisan pelindung minyak alami yang menutupi kulit Anda. Menggunakan produk dengan bahan berbahaya dapat menyebabkan peradangan dan jerawat.

Bahan-bahan keras dalam exfoliant kimiawi dapat menghilangkan terlalu banyak lapisan kulit, menyebabkan kulit menjadi merah dan iritasi.

 

7 dari 7 halaman

6. Strip pengangkat komedo

Strip hidung dapat menghilangkan lebih dari sekedar komedo, membersihkan pori-pori seluruhnya dari sebum dan sel kulit mati. Komponen di dalam pori-pori ini dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan minyak yang sehat di kulit, dan ketika dikeluarkan, pori-pori Anda bisa terkena kotoran dan minyak yang mengiritasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.