Tak Banyak yang Tahu, Begini Cara Hilangkan Komedo dengan Baby Oil

Oleh Camelia pada 26 Jan 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 26 Jan 2021, 10:00 WIB
ilustrasi memencet komedo/unsplash
Perbesar
ilustrasi memencet komedo/unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Komedo menjadi salah satu permasalahan kulit yang sangat mengganggu. Munculnya komedo dapat membuat individu kurang percaya diri terutama bagi para wanita.

Komedo sendiri memiliki dua jenis yaitu komedo putih dan hitam. Keduanya disebabkan oleh minyak berlebih pada wajah dan sel-sel kulit mati yang menumpuk serta menyumbat pori-pori.

Tak hanya itu, masih banyak faktor lain yang menyebabkan munculnya komedo seperti malas mencuci muka, penggunaan kosmetik yang salah seta konsumsi makanan dengan kandungan lemak berlebih.

Banyak individu melakukan perawatan ke salon untuk membersihkan komedo dengan melakukan facial. Namun tahukah bahwa Anda dapat membersihkan komedo dengan bahan alami di rumah.

Yang Anda butuhkan hanyalah baby oil. Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan cara hilangkan komedo dengan baby oil.

2 dari 5 halaman

Baby Oil

[Fimela] Minyak alami
Perbesar
Minyak jarak atau castor oil | unsplash.com

Ya, Anda dapat menghilangkan komedo dengan memanfaatkan baby oil. Pertama, sebelum membersihkan wajah dengan baby oil, cuci muka dengan menggunakan sabun.

Setelah wajah bersih, oleskan baby oil pada wajah. Lakukan hal ini selama 30-60 menit. Usap minyak yang ada di wajah dengan menggunakan kapas atau tisu. Bilas dengan air hangat.

3 dari 5 halaman

Campuran Baby Oil dengan Minyak Zaitun

minyak zaitun
Perbesar
ilustrasi minyak/copyright unsplash.com/Roberta Sorge

Minyak zaitun dikenal dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit. Hal ini lantaran minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang dapat membantu proses peremajaan sel kulit.

Cara menghilangkan baby oil dicampur minyak zaitun sangat mudah. Bersihkan wajah terlebih dahulu lalu siapkan minyak zaitun sebanyak 3 sdm dan siapkan baby oil. Lalu campurkan minyak zaitun dengan baby oil hingga merata.

Kemudian oleskan pada wajah dengan pijatan halus. Tekan bagian wajah yang berkomedo dengan kapas steril. Setelah komedo berhasil keluar, bilas dengan air dingin.

4 dari 5 halaman

Campuran Baby Oil dengan Putih Telur

Ilustrasi Kuning Telur
Perbesar
Ilustrasi kuning telur. (dok. Unsplash.com/Karina Zhukovskaya/@cocarinne)

Putih telur juga dikatakan ampuh menghilangkan komedo. Selain itu, putih telur juga mengandung asam amino serta asam folat yang bisa mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak di wajah.

Cara menghilangkan komedo dengan putih telur yaitu, pertama bersihkan wajah dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Oleskan baby oil pada wajah dan pijat dan keluarkan komedo dengan kapas yang steril.

Setelah komedo keluar, bersihkan dengan air dingin lalu olesi area komedo dengan putih telur. Tunggu hingga kering dan bilas dengan menggunakan air dingin agar pori-pori menutup.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓