Sukses

Punya Kandungan Gula yang Rendah, 5 Buah Ini Aman untuk Diabetesi

Punya diabetes? Coba konsumsi buah yang memiliki sedikit kandungan gula ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sudahkah kamu mengatur pola makan dengan yang lebih sehat? Jika belum, secepatnya kamu harus lakukan. Meskipun terlihat lebih rumit, tapi manfaat yang akan didapatkan untuk tubuh sangat menguntungkan.

Tak hanya agar tubuh terlihat lebih fit dan ideal, pola makan yang sehat juga mampu mencegah datangnya penyakit. Seperti darah tinggi, usus buntu, penyakit lambung, diabetes, hingga kanker.

Kamu juga harus rajin mengonsumsi buah-buahan agar tetap mendapat nutrisi yang sehat. Tapi, bagi yang memiliki penyakit diabetes, hindari mengonsumsi beberapa buah-buahan. Sebab, tidak semua buah aman untuk dikonsumsi.

Masih banyak tidak tahu kalau buah juga ada yang mengandung kadar gula tinggi. Hal ini tentu berbahaya bagi diabetesi. Agar tidak terjebak ketika ingin mengonsumsi buah, diabetesi wajib tahu buah mana yang mengandung kadar gula rendah, seperti dilansir dari Health Line.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Alpukat

Secara alami, alpukat mengandung kadar gula yang sangat rendah. Pada alpukat mentah, kadar gulanya hanya sekitar satu gram. Tak hanya aman dikonsumsi bagi diabetesi, buah ini juga bisa dimakan untuk yang sedang program diet. Sebab, alpukat juga memiliki banyak lemak sehat yang membuat perut kenyang.

3 dari 6 halaman

2. Jeruk

Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C yang melimpah di dalamnya. Ternyata buah ini baik dikonsumsi bagi diabetesi. Di balik rasa manis yang menggiurkan, buah jeruk mengandung kadar gula yang sangat rendah dan kalori kurang dari 70 kalori.

4 dari 6 halaman

3. Keluarga Buah Berry

Blackberry

Selain kaya akan antioksidan dan serat, blackberry juga memiliki kadar gula yang rendah. Buah ini hanya mengandung 7 gram gula per cangkir.

Strawberry

Strawberry juga memiliki kandungan gula rendah yang aman untuk penyakit diabetes. Buah ini hanya memiliki sekitar 7 gram gula dalam satu cangkir strawberry.

Raspberry

Raspberry cocok dikonsumsi bagi yang sedang program diet, karena kandungan serat yang berlimpah membuat tubuh cepat kenyang. Selain itu, buah ini juga hanya mengandung 5 gram gula per cangkir, artinya aman dikonsumsi bagi diabetesi.

 

5 dari 6 halaman

4. Blewah

Warna oranye dalam buah blewah terjadi karena mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Jika dibanding buah-buahan lain, blewah memiliki kandungan gula kurang dari 13 gram per cangkir. Meskipun sedikit lebih banyak, tapi akan sangat jauh jumlahnya jika dibandingkan dengan minuman soda dalam kemasan.

6 dari 6 halaman

5. Semangka

Semangka adalah buah yang memiliki banyak kandungan air. Jika potongan semangka ditempatkan dalam satu buah cangkir, buah tersebut hanya memiliki kurang dari 10 gram gula. Jadi sangat aman dikonsumsi oleh diabetesi maupun mencegahnya. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan zat besi yang baik untuk tubuh.

 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.