Sukses

4 Tanda Diam-Diam Infeksi Covid-19 Telah Menyebar ke Jantung Anda

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Covid-19 telah memengaruhi jantung Anda

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari sekadar penyakit pernapasan, infeksi COVID-19 dapat berdampak pada bagian tubuh lainnya. Pada jantung, misalnya. Sesuai studi JAMA, hampir 78% pasien COVID muda dan sehat yang pulih terus menderita tanda-tanda komplikasi dan kerusakan jantung.

Faktanya, bagi mereka yang memiliki gangguan jantung, COVID juga dapat meningkatkan risiko kematian. Sebuah studi yang dilakukan oleh China CDC Weekly menemukan bahwa 22% pasien yang meninggal akibat COVID menderita masalah jantung.

Ada juga bukti kuat yang menunjukkan bahwa untuk masalah yang sering muncul secara diam-diam, masalah jantung dapat muncul di hari-hari pertama infeksi, bahkan bagi mereka yang tidak menunjukkan gejala.

Jadi, selama masa infeksi COVID, sangat penting untuk menjaga jantung Anda dan melihat tanda-tanda awal masalah.

Berikut adalah 4 tanda bahwa diam-diam infeksi COVID telah menyebar ke jantung Anda:

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kelelahan yang ekstrem

Kelelahan, rasa capai yang akut, dan nyeri dada sering dilaporkan sebagai gejala di antara orang-orang yang didiagnosis dengan kerusakan jantung setelah COVID-19.

Ketika jantung Anda bekerja lembur untuk mengatur aliran darah, itu benar-benar bisa melelahkan dan membuat Anda merasa lelah, mengalami detak jantung yang cepat dan tidak teratur. Ini adalah salah satu tanda peringatan awal dari masalah jantung.

Jika Anda menderita kelelahan kronis dan mengalami detak jantung yang tidak menentu, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan nasihat.

3 dari 5 halaman

2. Radang jantung

Saat ini, miokarditis atau radang otot jantung adalah komplikasi jantung yang ditakuti, namun umum terkait dengan COVID-19.

Miokarditis dapat terjadi karena serangan langsung virus di jantung, atau karena badai sitokin, yang membuat tubuh menyerang sel-sel sehat secara keliru. Dengan peradangan jantung dan masalah terkait lainnya, otot jantung menjadi lebih lemah, menyebabkan organ membesar dan mengganggu aliran darah.

Ini dapat menyebabkan tingkat tekanan darah Anda turun secara tidak terduga dan menyebabkan penumpukan cairan juga.

Tekanan berlebihan di paru-paru atau jantung juga bisa menyebabkan gagal jantung. Oleh karena itu, seseorang tidak boleh terlalu genting selama atau setelah pemulihan.

 

4 dari 5 halaman

3. Saturasi oksigen

 

Komplikasi umum ketika virus menghalangi aliran darah beroksigen dalam tubuh, kondisi seperti hipoksia (kekurangan oksigen), disorientasi, kebingungan, bibir atau wajah kebiruan juga bisa menjadi sinyal gangguan jantung.

Gangguan apa pun pada aliran darah dapat menyebabkan penggumpalan, meningkatkan peradangan, dan mempersulit jantung untuk melakukan tugasnya

Aritmia, mengalami kebingungan, kesulitan bicara, keringat berlebih adalah tanda-tanda gagal jantung yang perlu mendapat perhatian sekaligus.

 

5 dari 5 halaman

4. Nyeri dada

 

Nyeri dada, sebagai gejala adalah sesuatu yang berhubungan dengan penurunan fungsi paru-paru, sesak napas, serta kerusakan jantung.

Dalam kasus COVID-19, penggandaan dan penyebaran virus dapat menghilangkan organ vital, seperti jantung dari darah beroksigen yang sehat, yang dapat merusak otot jantung dan mengakibatkan nyeri dada, atau angina.

Nyeri dada juga dianggap sebagai salah satu tanda pertama serangan jantung. Ini bisa membuat tidak nyaman, terasa seperti mengalami rasa sakit meremas atau menarik di sekitar dada dan leher Anda.

Dalam beberapa kasus, nyeri dada yang ekstrim dan berdenyut serta denyut jantung yang berfluktuasi juga dapat menyebabkan pingsan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.