Studi Panjat Pohon hingga Bela Diri, Ini 7 Jurusan Kuliah Paling Unik di Dunia

Oleh Liputan6.com pada 20 Jan 2021, 20:00 WIB
Diperbarui 20 Jan 2021, 20:00 WIB
Beasiswa
Perbesar
Ilustrasi Kuliah di Luar Negeri Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Memilih jurusan kuliah menjadi hal yang paling membingungkan bagi banyak calon mahasiswa baru. Bagaimana tidak, jurusan kuliah akan menjadi hal yang pelajari selama kurang lebih empat tahun di bangku kuliah. Jurusan kuliah juga secara besar akan menjadi faktor penentu bidang karier di masa depan.

Meskipun tidak semua orang yang akan bekerja di bidang serupa dengan jurusan, namun tidak ada salahnya dengan memilih jurusan yang kita sukai. Jika salah memilih jurusan, maka Anda akan merasa tidak nyaman ketika belajar nanti. Banyak mahasiswa yang merasa salah jurusan setelah masuk di tahun kedua kuliah. Mereka akhirnya pindah jurusan atau menjalani kuliah dengan setengah hati.

Banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan populer berdasarkan besarnya gaji dan lowongan pekerjaan yang banyak dibutuhkan di masa depan. Tapi, ada juga yang memilih jurusan berdasarkan jumlah peminat. Jika jumlah peminatnya masih sedikit, akan menjadi peluang besar untuk diterima di universitas negeri. 

Seiring berjalannya waktu, faktor tersebut bukan lagi menjadi penentu. Beberapa universitas di dunia membuka jurusan unik yang belum ada sebelumnya.

Mungkin bagi sebagian orang jurusan itu tidak penting untuk masa depan. Namun pihak universitas tentu memiliki tujuan tertentu dalam hal itu. Ini bukan soal masa depan, tapi bisa jadi tentang hobi. Berikut daftarnya seperti melansir dari Bright Side.

2 dari 9 halaman

1. Program Manajemen Golf PGA

Ilustrasi golf
Perbesar
Source: http://www.esperanceexpress.com.au

Program manajemen golf PGA ini tersedia di Florida Gulf Coast University. Dalam program ini, mahasiswa belajar tentang golf mulai dari perencanaan bisnis, membuat klub, hingga cara mengelola rumput lapangan. 

Melalui program ini, tidak hanya memiliki gelar sarjana di bidang golf, tapi juga bisa menjadi pemain golf. Tak hanya pemain golf, berbagai peluang karier di bidang golf juga tersedia. Jika kuliah di program ini, kamu bisa merasakan bermain golf di fasilitas terbaik.

3 dari 9 halaman

2. Program Cuaca Ekstrem

Petir
Perbesar
Ilustrasi Petir (AFP PHOTO / HECTOR RETAMAL)

Program ini tersedia di Universitas Michigan, Amerika Serikat. Dalam program ini mahasiswa akan mempelajari tentang penghitungan bencana alam. Selain itu, juga dipelajari ilmu fisika yang berkaitan dengan cuaca ekstrem. Setelah lulus dari program ini, peluang karier yang tersedia yaitu bisa menjadi pengamat cuaca dan prakiraan badai.

4 dari 9 halaman

3. Program Panjat Pohon

Menengok Proses Pembuatan Gula Merah di Desa Taman Jaya
Perbesar
Seorang pria memanjat pohon kelapa untuk mengambil air nira di desa Taman Jaya, Sukabumi, Jawa Barat (24/06). Gula kelapa atau gula merah ini dijual dengan harga Rp 10 ribu/kg. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Program ini tersedia di Universitas Cornell, New York, Amerika Serikat. Dalam program ini, mahasiswa akan belajar tentang pengetahuan seputar panjat pohon. Hal ini akan menjadi lebih rumit dan menarik untuk dipelajari.

Seperti halnya panjat tebing, mahasiswa akan mempelajari berbagai teknik memanjat alternatif, teknik tali-temali, dan cara berpindah dari satu pohon ke pohon lain. Tak hanya itu, ada juga mata kuliah tentang cara menilai pohon yang berbahaya untuk dipanjat dan cara tidur di pohon dengan tempat tidur gantung.

5 dari 9 halaman

4. Program Ilmu dan Teknologi Selancar

Kisah Pria Aceh Obati Trauma Tsunami dengan Mengajar Berselancar
Perbesar
Ilustrasi berselancar. (dok. Alexandre Saraiva Carniato from Pexels/Dinny Mutiah)

Program ini tersedia di Universitas Cornwall, Inggris. Program ini tidak hanya belajar tentang penjelajahan praktis, tapi juga memahami industri selancar dan membuat papan selancar. Jika tertarik pada program ini, kamu tidak harus mempunyai pengalaman berselancar. Setelah lulus, kamu bisa bekerja sebagai pelatih hingga manajer acara selancar.

6 dari 9 halaman

5. Program Pendidikan Petualangan

Manfaat Kesehatan Naik Gunung
Perbesar
Ilustrasi Hiking. Foto: argyruntum

Program ini tersedia di Universitas Negeri Plymouth, Inggris. Dalam program ini, mahasiswa akan mempelajari tentang petualangan alam, seperti panjat tebing hingga mendaki gunung. Mahasiswa juga akan belajar tentang cara tali-temali hingga yang berhubungan dengan hewan liar.

Hal lain yang kamu dapatkan jika masuk program ini, yaitu akan belajar tentang tantangan, pertumbuhan diri, penemuan jati diri dan keamanan.

7 dari 9 halaman

6. Program Stand Up Comedy

Sederet Komika Kocok Perut Pengunjung JICOMFEST 2019
Perbesar
Komika Muhadkly atau Acho saat tampil dalam Jakarta Internasional Comedy Festival (JICOMFEST) 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (3/8/2019). JICOMFEST 2019 menyajikan stand up comedy, video komedi, musik komedi, komedi tradisional dan kompetisi stand up comedy. (Dream.co.id/Deki Prayoga)

Program ini menjadi sangat unik karena setiap proses belajarnya dipenuhi dengan humor dan candaan yang membuat suasana hati kamu selalu bahagia. Mahasiswa akan mempelajari tentang teori komik dan karya stand-up komedian yang lain.

Lebih dari separuh waktu kuliah digunakan untuk latihan pertunjukan. Jika tertarik ingin mencoba program ini, kamu bisa mendaftar di Universitas Kent, Inggris.

8 dari 9 halaman

7. Program Bela Diri Ninja

Bosan dengan Pekerjaan Sekarang? Jepang Buka Lowongan jadi Ninja
Perbesar
Pekerjaan yang satu ini menantang dan pasti diimpi-impikan para pecinta kebudayaan Jepang

Program bela diri ninja baru tersedia di Universitas Mie, Jepang. Dalam program ini, mahasiswa tak hanya belajar tentang bela diri, tetapi juga sejarah, kelangsungna hidup, dan keterampilan bertarung. Mahasiswa juga akan diajarkan keterampilan agar tidak diketahui ketika melewati daerah pegunungan.

 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

9 dari 9 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓