5 Manfaat Menakjubkan Susu Kambing, Baik untuk Kulit hingga Atasi Penyakit

Oleh Ulya Kaltsum pada 18 Jan 2021, 22:00 WIB
Diperbarui 18 Jan 2021, 22:00 WIB
Ilustrasi Susu
Perbesar
Ilustrasi susu (dok. Pixabay.com/Couleur/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Susu Kambing menjadi salah satu jenis susu yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Diketahui, lebih dari 65% populasi dunia mengonsumsi susu kambing.

Susu kambing dianggap sebagai alternatif yang baik untuk susu sapi. Selain kaya akan nutrisi, susu kambing juga lebih mudah dicerna dan punya kandungan laktosa yang lebih rendah daripada susu sapi.

Susu kambing mengandung sumber nutrisi, seperti lemak, protein, vitamin, dan mineral (vitamin B6, vitamin A, kalsium, dan fosfor).

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa susu kambing mengandung 25 persen lebih banyak vitamin B6, 47 persen lebih banyak vitamin A, dan 13 persen lebih banyak kalsium daripada susu sapi.

Dari kandungan nutrisinya itu, berikut beberapa manfaat dari susu kambing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


1. Meningkatkan kesehatan jantung

Ilustrasi hidup sehat
Perbesar
Asupan makanan sehari-hari berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Makanan apa saja yang perlu dimakan dan dihindari? (foto: shutterstock.com)

Kandungan magnesium yang tinggi pada susu kambing berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Magnesium sendiri merupakan mineral penting yang dapat membantu menjaga detak jantung teratur, mencegah pembentukan gumpalan darah, dan meningkatkan kolesterol baik.

Sebuah studi tahun 2005 yang terbit dalam Journey of Dairy Science menemukan bahwa mengonsumsi susu kambing dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.


2. Menjaga kesehatan tulang

ilustrasi tulang sehat/pexels
Perbesar
ilustrasi tulang sehat/pexels

Kandungan kalsium pada susu kambing dapat membantu menjaga tulang dan gigi Anda lebih kuat. Hal ini karena susu kambing memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi daripada susu sapi.

Dengan mengonsumsi susu kambing, tubuh akan mendapatkan jumlah kalsium yang cukup sehingga dapat menurunkan risiko osteoporosis.

Selain itu, susu kambing juga mengandung asam lemak rantai menengah yang berperan besar dalam penyerapan kalsium dan fosfor.


3. Menurunkan peradangan

Gambar Ilustrasi Wanita Minum Susu
Perbesar
Sumber: Freepik

Penelitian menunjukkan bahwa susu kambing memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu melawan peradangan.

Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa susu kambing mengandung oligosakarida yang menunjukkan adanya efek antiinflamasi pada kolitis sehingga berguna untuk mengelola penyakit radang usus.


4. Mengobati anemia

Minum Susu
Perbesar
Ilustrasi Minum Susu Credit: pexels.com/Hamza

Penelitian menunjukkan bahwa bioavailabilitas zat besi dalam susu kambing lebih tinggi daripada susu sapi. Artinya, mengonsumsi susu kambing dapat meningkatkan kadar zat besi dan mengurangi risiko anemia.


5. Meningkatkan kesehatan kulit

[Fimela] kulit wajah
Perbesar
ilustrasi kulit wajah yang sehat | pexels.com/@olly

Susu kambing merupakan sumber vitamin A yang baik, vitamin ini dapat membantu memperbaiki kulit Anda.

Mulai dari mengurangi jerawat hingga mencegah timbulnya kerutan. Selain itu, susu kambing juga mengandung asam laktat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya