Sukses

Miliki Kepribadian Introvert? Ini 5 Tips Agar Lebih Mudah Bersosialisasi

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk para introvert agar lebih mudah bersosialisasi dengan orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang yang memiliki kepribadian introvert tentu akan sulit untuk berbaur dengan orang lain dan lebih senang menghabiskan waktu seorang diri. Mereka tidak senang menjadi pusat perhatian dan lebih senang menyendiri. Mereka juga lebih senang mendengarkan daripada berbicara di depan umum.

 

Meski begitu manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan teman dan persahabatan yang erat untuk bertahan hidup. Ketika berbicara tentang introvert, sedikit lebih sulit bagi mereka untuk berteman dan bersosialisasi daripada bagi orang lain.

Namun bagaimanapun juga seorang introvert harus dapat bersosialisasi dan berbaur dengan sekitar. Dikutip dari Pinkvilla, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk para introvert agar lebih mudah bersosialisasi dengan orang lain.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Percaya Diri

Setiap orang memiliki ketidakamanan dan kekurangannya sendiri, hanya saja beberapa dari mereka lebih baik dalam menyembunyikannya. Jadi, bahkan jika Anda merasa gugup atau sepertinya jantung Anda berdegup kencang saat Anda mendekati orang asing, bersikaplah percaya diri dan otomatis Anda akan merasa lebih mudah untuk berbincang dengan orang lain.

3 dari 6 halaman

Bersikap Ingin Tahu

Kunci untuk menjadi lebih supel adalah terus mengajukan pertanyaan kepada orang-orang dan tertarik serta ingin tahu tentang apa yang mereka katakan dan lakukan. Ajukan pertanyaan untuk memulai percakapan dengan orang-orang dan hal ini mempermudah kalian bersosialisasi dengan orang sekitar.

4 dari 6 halaman

Terima Diri Sendiri

Tidaklah buruk menjadi seorang introvert. Terima siapa Anda dan jangan terlalu menyalahkan diri sendiri karenanya dan sadarilah kekuatan dan kelemahan Anda miliki.

5 dari 6 halaman

Jangan Berkecil Hati Jika Mendapat Penolakan

Pada saat Anda mendekati orang asing, mungkin dia tidak tertarik untuk berbicara dengan Anda, jadi jangan berkecil hati dan belajar nyaman dengan penolakan dan terus mencoba.

6 dari 6 halaman

Menentukan Tujuan

Meskipun untuk menjadi supel Anda harus sedikit memaksakan diri, Anda tidak perlu melelahkan diri dengan terlalu banyak bersosialisasi. Jadi tetapkan tujuan seperti berapa banyak orang baru yang akan Anda ajak bicara dan sejauh mana Anda akan pergi untuk membentuk dan membangun hubungan sosial Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.