Sukses

5 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan, Lindungi Jantung hingga Tingkatkan Imunitas

Selain dapat menambah cita rasa pada makanan, jeruk nipis juga memiliki segudang khasiat yang baik untuk tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Jeruk nipis dikenal untuk menambahkan cita rasa pada makanan, seperti soto dan mi kocok. Selain itu, jeruk nipis juga dapat dikonsumsi sebagai minuman yang berkhasiat. Air perasan jeruk nipis dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti dapat melembabkan dan meremajakan kulit.

Jeruk nipis adalah buah jeruk yang banyak dibudidayakan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tak hanya buahnya, kulit dan daun jeruk nipis juga bermanfaat sebagai penyedap makanan. Mulai untuk menimbulkan aroma wangi hingga mengobati berbagai penyakit.

Jeruk nipis kaya akan flavonovid dan memiliki antioksidan yang sangat kuat. Selain itu, jeruk nipis juga merupakan sumber vitamin C, serat makanan, kalsium, folat, vitamin B6, vitamin B1, kalium, magnesium, riboflavin, fosfor dan asam pantotenat.

Kandungan itulah yang membuat jeruk nipis memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti berikut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Melindungi Jantung

Sebuah penelitian menunjukkan kandungan naringenin dan hesperidin merupakan flavonoid ampuh yang ada dalam jeruk nipis. Keduanya sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu kesehatan jantung dan melindungi dari radikal bebas.

3 dari 6 halaman

2. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa senyawa organik bernama phytol dan lupeol dalam jeruk nipis dapat menurunkan perkembangbiakan sel leukemia sehingga mencegah timbulnya kanker. Mulai dari kanker usus besar, kanker serviks dan kanker darah.

4 dari 6 halaman

3. Meredakan Batuk

Sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, menggunakan jeruk nipis untuk meredakan batuk. Pasalnya, jeruk nipis yang dicampur dengan madu dapat mencairkan dahak.

Senyawa aktif coumarins dalam jeruk nipis mampu bekerja sebagai antiinflamasi dan membantu meredakan batuk.

5 dari 6 halaman

4. Baik untuk Kesehatan Mulut

Jeruk nipis memiliki efek antimikroba terhadap bakteri Streptococcus yang dapat menyebabkan sakit gigi.

Bakteri tersebut cenderung menyebabkan pembentukan biofilm pada gigi dan berkembang biak sehingga menyebabkan kerusakan pada gigi. Caranya, Anda dapat berkumur dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan segelas air.

6 dari 6 halaman

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, flavonoid sebagai antioksidan juga bisa membuat tubuh lebih kebal dari serangan penyakit.

Dengan begitu, Anda pun dapat menjalani aktivitas sehari-hari karena badan senantiasa terasa sehat dan bugar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.