Sukses

Tak Sulit Dilakukan, 5 Cara Paling Efektif Atasi Kecanduan Ponsel

Berikut adalah 5 cara yang bisa dilakukan untuk memerangi kecanduan ponsel.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone menjadi benda yang penggunaannya sangat penting saat ini. Tak sedikit individu yang bahkan tak bisa lepas dari smartphone-nya. 

Hal ini lantaran begitu banyak hal bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone, mulai dari melakukan pekerjaan hingga sekedar menggunakan media sosial.

Namun, sayangnya kebiasaan kita menggunakan smartphone kini nampaknya sudah menjadi ketergantungan. Tak sedikit yang lantas kecanduan smartphone.

Tak jarang individu secara tidak sadar kecanduan ponsel mereka karena mereka tidak dapat meletakkannya begitu mereka mengangkatnya. Dikutip dari Pinkvilla, Jumat (8/1/2021), berikut lima cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan ponsel Anda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Matikan Notifikasi

Hal yang paling mengganggu ketika Anda berada di tengah-tengah tugas penting adalah ketika ponsel Anda berbunyi dan Anda tidak bisa menahan rasa ingin tahu tentang notifikasi tersebut.

Setelah memeriksanya, tanpa disadari Anda akhirnya akan melihat media sosial selama berjam-jam. Jadi matikan notifikasi Anda dan ubah pengaturan untuk mengaktifkannya hanya saat Anda membuka aplikasi.

3 dari 6 halaman

2. Gunakan Aplikasi

Mungkin terlihat ironis bahwa untuk menjauh dari ponsel, Anda menggunakan ponsel. Tetapi ada banyak aplikasi yang tersedia yang akan membantu Anda menjaga waktu layar Anda tetap teratur dan membatasi penggunaan telepon Anda.

4 dari 6 halaman

3. Istirahat Sejenak dari Ponsel

Kapanpun Anda memiliki waktu luang, hal pertama yang Anda lakukan adalah memeriksa telepon Anda.

Cobalah untuk sesekali melakukan detoks smartphone dengan duduk berdiam diri dan tidak melakukan apa pun di waktu luang Anda untuk memberi istirahat pada pikiran dan tubuh Anda.

5 dari 6 halaman

4. Jangan Simpan di Dekat Tempat Tidur

Saat mengisi daya ponsel Anda, jangan simpan di dekat tempat tidur atau di mana pun yang mudah diakses untuk sengaja meluangkan waktu dari perangkat Anda.

6 dari 6 halaman

5. Hapus Aplikasi yang Mengganggu

Banyak aplikasi yang memaksa Anda membuang-buang waktu untuk menggunakannya. Simpanlah aplikasi tersebut di layar kedua atau ketiga, bukan di layar beranda ponsel Anda untuk menghindari distraksi dari aplikasi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.